Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Topik 1 - Literasi Dasar

 

  1. Mencari teks sastra atau nonsastra yang dapat digunakan untuk pembelajaran.
  2. Anda akan menggunakan teks tersebut untuk menyusun rencana aksi kegiatan literasi yang menyenangkan di kelas.
  3. Menyusun rencana aksi dalam bentuk draft kegiatan yang berupa nama kegiatan, tujuan kegiatan, strategi/metode kegiatan, dan langkah-langkah kegiatan.

Aksi nyata

1.      Nama kegiatan : temukan arti kata dari

2.      Kelas : 5

3.      Tujuan kegiatan : melalui membaca peserta didik mampu menemukan arti kata yang terkandung dalam teks bacaan

4.      Strategi/ metode : membaca, penugasan, presentasi

5.      Langkah – langkah

·        Siswa diminta untuk membaca teks eksplanasi berjudul “Fatamorgana”

·        Siswa diminta mencermati lembar tugas yang berisi bebrapa kata yang terdapat dalam teks

·        Siswa berkelompok mengerjakan lembar tugas untuk mencari arti kata dalam KBBI di perpustakaan

·        Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil pekerjaannya

 

Teks Eksplanasi Fatamorgana

Fatamorgana adalah bayangan semu (tidak nyata) yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es. Kata fatamorgana diambil dari bahasa Italia yang mulanya diambil dari nama saudara Raja Arthur, Faye le Morgana. Fatamorgana sering menyerupai danau atau air yang berminyak. Ini sebenarnya adalah pantulan dari langit karena udara yang panas. Udara panas ini berfungsi sebagai cermin.

Fatamorgana terjadi karena adanya perbedaan kerapatan antara udara dingin dan udara panas. Udara dingin memiliki kerapatan lebih pekat dan lebih berat dibandingkan udara panas. Kenyataannya, lapisan udara panas yang ada di dekat tanah terperangkap oleh lapisan udara yang lebih dingin di atasnya. Cahaya dibiaskan secara horizontal dan pandangan akhirnya berjalan ke atas karena pengaruh internal total. Pemantulan internal total (total internal reflection) adalah proses pemantulan seberkas cahaya pada permukaan batas antara satu medium dengan medium lain yang indeks biasnya lebih kecil jika sudut datang ke medium kedua melebihi suatu sudut kritis tertentu. Dengan demikian, cahaya berjalan di dalam medium yang memiliki indeks bias yang tinggi seperti air, kaca, dan plastik ke medium yang memiliki indeks bias lebih rendah seperti udara. Akibatnya gambar dengan sifat semu dan terbalik akan membentuk fatamorgana.

Fatamorgana ada dua macam yaitu fatamorgana superior dan inferior. Fatamorgana superior terjadi di atas cakrawala, sedangkan fatamorgana inferior lebih
sering terjadi di sekitar kita.

Secara ilmiah, fatamorgana digolongkan dalam fenomena alam yang unik, karena terbentuk dari proses alamiah yang membentuk suatu hal yang indah di alam. Masyarakat yang tidak paham proses terjadinya fatamorgana sering beranggapan bahwa hal itu disebabkan oleh kelelahan mata, namun sebenarnya fatamorgana dapat dilihat tanpa kelelahan mata, bahkan dapat difoto secara langsung.

 

Contoh tugas mencarai kata

1.    Fatamorgana  = gejala optis yang tampak pada permukaan yang panas, yang kelihatan seperti genangan air

2.    Bias = simpangan

3.    Cakrawala = langit (tempat bintang-bintang)

4.    Semu = tampak seperti asli (sebenarnya), tapi bukan sebenarnya

close