Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Kolaborasi - Membuat Visi/ Manifesto

 

Tugas 5 - Merumuskan visi/manifesto kelompok layaknya tim pengembang kualitas layanan pendidikan bagi peserta didik

Anggota tiap kelompok dalam Projek Kepemimpinan ini, baik yang pertama maupun yang kedua adalah sama. Dengan demikian, ini adalah kesempatan untuk berlatih kepemimpinan kolektif yang saling memberdayakan. Tiap kelompok harus berproses merumuskan visi kelompok mereka terlebih dahulu, karena kemudian visi tersebut akan terus dijadikan sebagai acuan dalam mendesain, mengambil keputusan, dan mengimplementasikan projek kelompok mereka ke depan.

Instruksi untuk kerja kelompok: “Merumuskan visi/manifesto kelompok”

  1. Artikulasikan nilai-nilai, filosofi, atau harapan kelompok atas keadaan pendidikan yang dinikmati oleh anak-anak di sekolah atau komunitas ke dalam sebuah VISI.
  2. Sajikan VISI tersebut dalam bentuk yang disepakati kelompok. Nikmati proses penggalian dan pengambilan keputusannya. Jangan terkungkung dengan keterbatasan jumlah kata dan kalimat visi pada umumnya. Ingat, negara ini menuliskan visinya dalam bentuk 4 paragraf, terdokumentasi sebagai pembukaan Undang Undang Dasar kita hingga kini.
  3. Pastikan kalimat-kalimat yang digunakan memiliki makna mendalam bagi kelompok sehingga ketika dibaca, kalimat itu akan menyemangati tiap anggota, terbayang seberapa berharga visi tersebut hingga patut diperjuangkan pencapaiannya, dan menggerakkan hati tiap orang lain yang turut membacanya.


Visi Individu


Terwujudnya sekolah yang berkarakter dan berbudaya.


Terwujudnya siswa beriman dan takwa, berprestasi, berbudaya dan berwawasan lingkungan.


Terwujudnya siswa yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa, cerdas, terampil, berkualitas, berbudaya, berbudi pekeri luhur serta berwawasan lingkungan.


Terwujudnya warga sekolah yang unggul dalam prestasi berbasis IPTEK, berlandaskan iman dan takwa, luhur, budi pekerti dan peduli terhadap lingkungan.


Terwujudnya insan yang berakhlak mulia, santun berperilaku, unggul dalam berprestasi, terampil, kreatif menghadapi tantangan zaman dan mencintai lingkungan

 

 

Visi Kelompok

Terwujudnya sekolah yang unggul, berkarakter dan berbudaya, peduli lingkungan, beriman dan takwa pada tuhan yang maha Esa.

 

Arti dari visi kelompok kami:

Melaksanakan pembelajaran yang inovatif, efektif dan partisipatif sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. Meningkatkan prestasi akademik, non akademik, dan prestasi dibidang keagamaan. Meningkatan sumber daya manusia (SDM) warga sekolah. Selain itu juga mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, rindang, indah, dan nyaman, serta sehat, harmoni, aman dan tertib.Meningatkan keimanan dan ketakwaan serta berperilaku berakhlak mulia bagi peserta didik, guru dan warga sekolah

 

close