Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Topik 3 Asesmen Literasi-AKM Literasi Dasar

 Literasi Dasar


Pada akhir pembelajaran topik tentang Asesmen Literasi, buatlah rancangan atau rencana aksi nyata terkait asesmen membaca dan menulis (AKM) di sekolah dasar. Rencana aksi ini dapat Anda gunakan untuk mengajarkan konsep Asesmen Literasi secara efektif di kelas Anda. Rencana aksi ini memuat lima komponen yaitu:

  1. Kegiatan yang dipilih
  2. Strategi yang digunakan
  3. Alokasi waktu
  4. Langkah-langkah kegiatan
  5. Asesmen yang digunakan

 

Kelas     : 5

 

Kegiatan : Literasi Membaca dan Menulis Strategi   : Membaca teks informasi Waktu    : 35 Menit

Langkah Langkah

 

·         Peserta didik membaca bersama teks berjudul

“9 Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Manusia”

Kebakaran lahan dan hutan telah menjadi bencana kabut asap. Pemerintah sudah berusaha mematikan titik-titik kebakaran, tetapi hasilnya kabut asap masih ada. Apa saja bahaya kabut asap kebakaran dan apa yang harus kita lakukan apabila di daerah kita terkena kabut asap? Berdasarkan pantauan, indeks pencemaran udara di Jambi, Palembang, dan Palangkaraya sudah sangat tinggi atau tidak sehat. Tidak sehat karenaasap kebakaran hutan dan lahan menyebabkan debu atau partikel halus hasilkebakaran seperti jelaga. Saking halusnya, partikel ini akan dengan mudah. terisap dan mengotori sistem pernapasan. Selain partikel halus, asap kebakaran juga mengandung zat-zat berbahaya seperti ozon (O3), sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), dan nitrogen oksida (NO2). Kabut asap ini dapat mengganggu kesehatan semua orang, baik orang yang kondisinya sehat maupun yang sakit. Namun, pada orang yang kondisi kesehatannya kurang, khususnya pada orang yang memiliki riwayat penyakit pernapasan, anak-anak, dan balita, kabut asap adalah bencana yang bisamengancam jiwa. Apa saja bahaya kabut asap bagi kesehatan kita?

Berikut ini beberapa

bahaya kabut asap bagi kesehatan.

1.      Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan.

2.      Kabut asap dapat menyebabkan reaksi alergi, peradangan, dan mungkin juga infeksi.

3.      Kabut asap dapat memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik.

4.      Kabut asap dapat menyebabkan kemampuan kerja paru berkurang dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.

5.      Kabut asap dapat menyebabkan orang lanjut usia dan anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh rendah akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan.


 

 

6.      Kabut asap dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam mengatasi infeksi paru-paru dan saluran pernapasan, sehingga lebih mudah terjadi

7.      7. Kabut asap dapat memperburuk penyakit pernapasan yang sudah ada.

8.      Kabut asap menyebabkan polusi pada air bersih, tanaman sayuran, buahbuahan, dan makanan yang tidak ditutup.

9.      Kabut asap memperburuk kondisi lingkungan sehingga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akan mudah terjadi.

Bagaimana kita melindungi diri dari kabut asap?

 

1.      Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernapasan.

2.      Selalu memakai masker jika harus pergi ke luar rumah/gedung. Pakailah masker dengan benar untuk menutupi hidung dan mulut.

3.      Minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering agar debu atau partikel halus yang menempel pada tenggorokan larut dan masuk ke dalam pencernaan sehingga ikut terbuang bersama kotoran.

 

·         Peserta didik mencari arti kata dalam teks yang sulit

·         Peserta didik mencoba mengerjakan soal


 

 

Soal Asesmen

 

Bacalah paragraf berikut!

1.         Indonesia dikatakan sebagai paru-paru dunia. Sebutan itu disematkan karena di Indonesia terdapat hutan yang sangat luas. Daun-daun di hutan mengeluarkan oksigen berlimpah. Oksigen merupakan unsur penting bagi kehidupan.

Kalimat tanya sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ....

a.  Mengapa Indonesia memiliki hutan yang luas? b. Mengapa Indonesia disebut paru-paru dunia?

c. Mengapa daun-daun di hutan mengeluarkan oksigen yang berlimpah?

d. Mengapa daun dapat menghasilkan oksigen?

 

2.      Cermatilah kutipan teks berikut !

Kebakaran hutan akibat kelelaian manusia di beberapa daerah di Indonesia berbuntut panjang. Lebih parahnya lagi. kebakaran hutan mengakibatkan kabut asap yang bisa menyerang negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kejadian tersebut memakan banyak korban jiwa, dan berdampak pada kesehatan banyak orang. *Evakuasi akan dilakukan pada masyarakat yang daerahnya telah dipenui kabut asap akibat kebakaran hutan.*

Maksud dari kalimat yang bertanda bintang adalah ...

a.    Masyarakat pindah dari daerah yang lebih aman dari bahaya kabut asap.

b.    Kabut asap menyebabkan masvarakat menanggulangi kebakaran hutan c. Pemindahan masyarakat dari daerah yang berbahaya akibat kabut asap.

d. Terdapat tempat pengungsian yang dibuat oleh masyarakat untuk menghindari kabut asap

 

3.      Isi dari penggalan teks di atas adalah….

a.    Kabut asap menyerang sampai negara tetangga

b.    Kabut asap berbahaya bagi masayarakt

c.    Kabut asap memkan banyak korban jiwa d. Dampak kabut asap akibat kebakaran hutan

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

Peristiwa Apa yang ada pada gambar ?

Kabut asap yang diakibatkan oleh kebakaran lahan/ hutan


 

 

5.      Perhatikan penggalan teks berikut !

Kebakaran lahan dan hutan telah menjadi bencana kabut asap. Pemerintah sudah berusaha mematikan titik-titik kebakaran, tetapi hasilnya kabut asap masih ada. Apa saja bahaya kabut asap kebakaran dan apa yang harus kita lakukan apabila di daerah kita terkena kabut asap? Berdasarkan pantauan, indeks pencemaran udara di Jambi, Palembang, dan Palangkaraya sudah sangat tinggi atau tidak sehat. Tidak sehat karenaasap kebakaran hutan dan lahan menyebabkan debu atau partikel halus hasilkebakaran seperti jelaga.

Apa isi dari penggalan paragraf teks diatas?

Kebakaran lahan dan hutan menyebabkan bencana kabut asap yang berdampak buruk bagi kesehatan karena mengandung debu atau jelaga.

6.      Dari teks berjudul “9 Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Manusia”, buatlah minimal 3 pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut!

Apa penyebab bencana kabut asap?

Mengapa bencana kabut asap berbahaya bagi kesehatan manusia? Bagaimana cara kita melindungi diri dari kabut asap?

close