Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Topik 5 Pengembangan Kecakapan Literasi Diri - Literasi Dasar

  Literasi Dasar

SEL.01.2-T5-8 Aksi Nyata


Aksi Nyata literasi dasar


Berikutnya, refleksikan pembelajaran ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari konsep literasi pengembangan diri?
  2. Setelah mempelajari konsep ini, apakah Anda benar-benar yakin bahwa literasi sangat berpengaruh dan bermanfaat dalam kehidupan Anda?
  3. Sebagai seorang calon guru, hal apa yang paling ingin Anda lakukan untuk berkontribusi dalam membudayakan literasi di lingkungan Anda?

Setelah melakukan refleksi, buatlah digital storytelling/narasi literasi berdasarkan pengalaman Anda terhadap proses belajar literasi Anda selama ini. Anda boleh memilih cerita mengharukan atau membahagiakan sesuai dengan pengalaman Anda. Anda juga boleh mengungkapkan harapan Anda jika suatu saat nanti Anda berkontribusi di dunia pembudayaan literasi.


  1. Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari konsep literasi pengembangan diri?

Dalam rangka pengembangan kecakapan literasi diri, seorang guru harus memhami istilah 5T + 1A yaitu

a.    Time (waktu yang tepat) kapan dan berapa lama waktu pembelajaran dilakukan

b.    Task (tugas apa yang sesuai dengan karaktersitik setiap peserta didik)

c.    Text (pemilihan sumber teks)

d.    Teaching strategy (strategi apa yang efektif digunakan)

e.    Talk (pembelajaran keterampilan berbahasa lisan)

f.     Assessment (jenis penilaian yang sesuai dengan kebutuhan dan karkteristik peserta didik)

 

2.    Setelah mempelajari konsep ini, apakah Anda benar-benar yakin bahwa literasi sangat berpengaruh dan bermanfaat dalam kehidupan Anda?

Literasi sebagai basis pengembangan pembelajaran efektif dan produktif memungkinkan siswa terampil mencari dan mengolah informasi yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbasis ilmu pengetahuan abad 21

 

3.    Sebagai seorang calon guru, hal apa yang paling ingin Anda lakukan untuk berkontribusi dalam membudayakan literasi di lingkungan Anda?

Beberapa hal yang akan saya lakukan untuk membudayakan literasi di lingkungan sekolah:

a.    Mengkondisikan lingkungan fisik kaya literasi

Lingkungan fisik adalah hal pertama yang dilihat dan dirasakan warga sekolah, oleh karena itu lingkungan fsik perlu terlihat ramah dan kondusif untuk pembelajaran

b.    Mengupayakan lingkungan social dan afektif

Lingkungan social dan afektif dibangun melalui model komunikasi dan interaksi seluruh komponen sekolah. Hal itu dapat dikembangkan dengan pengakuan atas capain peserta didik sepanjang tahun.

c.    Mengupayakan lingkungan sekolah yang akademis dan literat

Sekolah sebaiknya memberikan alokasi waktu yang cukup untuk kegiatan literasi. Salah satunya dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai.


 

Cerita Penagalaman Belajar Literasi

Saya akan sedikit menceritakan penagalaman saya saat PPL di sekolah saya. Di sekolah tempat saya PPL terdapat kegiatan literasi yaitu kunjungan perpustakaan keliling yang didakan setiap hari Rabu dua kali setiap bulan. Perpusatakan tersebut merupakan perpustakaan daerah yang berkunjung ke sekolah sekolah guna mendorong para siswa untuk giat membaca. Di perpustakaan keliling tersebut tersedia banyak buku bacaan untuk dibaca para siswa. Dengan adanya perpustakaan keliling tersebut siswa terlihat sangat antusiasi untuk menyambutnya, Ketika datang para siswa langsung menghampiri dan memilih buku yang mereka gemari. Mereka sangat antuasias untuk membaca. Kegiatan ini saya rasa sangat berdampak positif bagi sisiwa untuk meningkatkan budaya literasi.

 

 

close