Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi Literasi Dasar Seminar Pendidikan Profesi Guru

 Jurnal Refleksi Literasi Dasar Seminar Pendidikan Profesi Guru

 

Nama Mata Kuliah

LITERASI DASAR

 

Review pengalaman belajar.

Topik 1: Mengenal Konsep Literasi Dasar

Pada topik 1 ini saya belajar tentang literasi, yaitu kemampuan berbahasa seseorang (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Literasi penting dibudayakan agar masyarakat lebih bijak dalam memanfaatkan informasi serta mandiri dalam memilah memilih data dan informasi yang bermanfaat.

 

Topik 2: Strategi Pengembangan Keterampilan Literasi

Pada topik 2 ini saya belajar tentang mengembangkan keterampilan membaca peserta didik, guru dapat menggunakan berbagai strategi pembelajaran membaca yang tepat. Beberapa strategi pembelajaran yang dapat dipilih dan digunakan guru dalam rangka mengembangkan keterampilan membaca peserta didik adalah sebagai berikut :

1.      Membaca Bersama

2.         Membaca Terbimbing

3.         Membaca Interaktif

4.         Membaca Pemahaman

5.         Membaca Mandiri

Beberapa strategi pembelajaran yang dapat dipilih dan digunakan guru dalam rangka mengembangkan keterampilan menulis peserta didik adalah sebagai berikut :

1.         Menulis Bersama

2.         Menulis Terbimbing

3.         Menulis Interaktif

4.         Menulis Mandiri

5.         Menulis Kreatif

 

Topik 3: Asesmen Literasi-AKM

Pada topik 3 ini saya mempelajari tentang Asesmen / Penilaian Literasi yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dalam kegiatan belajar-mengajar. Dalam proses pembelajaran tersebut, guru hendaknya memperhatikan aktivitas, respon, kegiatan, minat, sikap, dan upaya-upaya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Beberapa bentuk penilaian yang dapat digunakan adalah Observasi Catatan Anekdot, Tugas Kinerja Rubrik, dan Portofolio.

 

Topik 4: Lingkungan Kaya Literasi

Pada topik 4 ini saya belajar bahwa Lingkungan kelas sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta ddik. Di kelas awal, lingkungan kelas yang banyak memuat tulisan, gambar ataupun buku bacaan dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan bahasanya.

 

Topik 5: Pengembangan Kecakapan Literasi Diri

Pembelajaran literasi di sekolah dasar sangat penting untuk menunjang keberhasilan pencapaian akademik peserta didik. Pembelajaran literasi yang efektif perlu memperhatikan kebutuhan, minat, usia, latar belakang, dan lingkungan belajar peserta didik. Guru yang responsif terhadap kebutuhan peserta didik, penggunaan strategi mengajar yang tepat serta pemilihan bahan ajar yang sesuai dengan latar belakang peserta didik akan berdampak terhadap pencapaian kompetensi peserta didik. Dalam rangka pengembangan kecakapan literasi diri, seorang guru harus memahami istilah 5T+1A

 

Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

Topik 4 Lingkungan Kaya Literasi

1.      Mengapa topik-topik tersebut penting dipelajari ? Topik-topik tersebut perlu dipelajari karena dengan mempelajari topik-topik bahasan pada mata kuliah literasi dasar ini, saya dapat mengembangkan kemampuan diri untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kegiatan literasi di sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, saya juga diajak mengkaji konsep literasi dasar, tujuan, dan aspek literasi dasar. Sehingga saya memiliki kemampuan menjelaskan pengertian, tujuan, dan aspek literasi dasar. Kemampuan awal ini sangat diperlukan untuk memahami materi lanjutan literasi di sekolah dasar, hingga pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi profesional diri secara berkelanjutan melalui pembelajaran pada mata kuliah literasi dasar ini.

 

2.      Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut?

Dalam mempelajari materi pada topik-topik dalam mata kuliah literasi dasar, saya telah melakukan upaya-upaya yang mendukung pemahaman mengenai topik-topik tersebut. Upaya tersebut seperti membaca ekplorasi konsep dan menambah referensi lain dari sumber lain. Membuat infografis dan video rangkuman materi sebagai pemenuhan tugas dan juga aksi nyata yang beragam dalam mengimplementasikan topik-topik dalam mata kuliah literasi dasar.

 

3.      Apakah strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya? Mengapa?

Strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting karena dengan melakukan eksplorasi konsep, berkolaborasi dengan teman sejawat beserta dosen, mendemonstrasikan hasil secara kontekstual dan merancang aksi nyata menjadikan sebuah pengalaman yang bermakna bagi saya dalam mempelajari serta mengimplikasi topiktopik terkait dengan kegiatan praktik di sekolah PPL I.


Analisis artefak pembelajaran

Berikut adalah link yang berisi artefak pembelajaran:


 

Pembelajaran bermakna (good practices)

Pembelajaran bermakna yang saya dapat di mata kuliah ini yaitu saya dapat memahami apa, mengapa, dan bagaimana literasi dasar, saya juga dapat mengeksplorasi beragam strategi pengembangan keterampilan literasi, selain itu saya juga dapat menganalisis dan menyusun asesmen literasi. Selain beberapa hal di atas, pembelajaran bermakna lainnya yaitu dapat mengeksplorasi dan mengembangkan lingkungan kaya literasi dan mengembangkan kecakapan literasi diri.

 

close