Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi Pemahaman tentang Peserta didik dan Pembelajarannya

 Jurnal Refleksi Pemahaman tentang Peserta didik dan Pembelajarannya  Seminar Pendidikan Profesi Guru

Nama Mata Kuliah

Pemahaman tentang Peserta didik dan Pembelajarannya

Review pengalaman belajar.

Topik 1 : Teori Belajar dan Motivasi Belajar Anak

Pada topik 1 ini saya telah mempelajari Teori Belajar. Seperti yang kita ketahui bahwa belajar mengajar merupakan proses yang penting dalam pendidikan. Bahkan, tidak jarang hasil dari pendidikan ditentukan oleh keberhasilan proses belajar mengajar ini. Memastikan pemahaman peserta didik dan pembelajarannya menjadi tanggung jawab utama seorang guru saat pembelajaran di kelas. Pada topik ini saya mempelajari teori belajar seperti teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif sosial, dan teori belajar konstruktivisme. Selain itu saya juga mempelajari motivasi belajar dan pola pikir (mindset) pada peserta didik.

 

Topik 2 : Teori Perkembangan (Kognitif, Psikososial, Emosional, Sosial-Konteks)

Pada topik sebelumnya, saya telah mempelajari teori belajar dan motivasi belajar sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang efektif. Ternyata, mengetahui teori belajar saja belum cukup. Sebagai calon guru yang kompeten, saya menyadari bahwa pengajaran baik adalah pembelajaran yang sesuai perkembangan peserta didik. Pada topik 2 ini saya mempelajari materi mengenai teori perkembangan kognitif dan bahasa, teori perkembangan sosio-emosional, dan sosial konteks.

 

Topik 3 : Profilling Peserta didik

Pada topik sebelumnya, saya telah mempelajari tahapan perkembangan peserta didik. Kita sama-sama mengetahui bahwa setiap peserta didik belum tentu berada dalam fase perkembangan yang sama satu sama lain. Begitu juga dalam proses pembelajaran di kelas. Seorang guru akan menemukan ragam karakteristik siswa di kelasnya.

 

Topik 4 : Kerangka Strategi

Pada topik sebelumnya, saya menyadari bahwa setiap peserta didik merupakan individu yang unik. Sebagai seorang calon pendidik, saya bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas masing-masing peserta didik. Oleh karenanya diperlukan strategi-strategi yang tepat guna untuk dapat mendorong para peserta didik mencapai kualitas yang terbaik. Pada topik 4 ini saya mempelajari beberapa hal seperti Pembelajaran Berdiferensiasi (developmentally appropriate practice), Pengajaran yang Responsif Kultur (culturally responsive pedagogy), dan Pengajaran Sesuai Level (teaching at the right level).

 

Topik 5 : Pengukuran Pemahaman Belajar Peserta Didik (Assessment)

Sebelum memulai pembelajaran di awal semester, sebagai seorang calon guru Anda juga perlu mendesign sebuah cara untuk melakukan pemetaan terhadap pemahaman siswa yang telah anda ajar. Di topik 5 ini, saya mempelajari fungsi dari asesmen, fungsi asesmen, tujuan asesmen, serta jenis asesmen dalam setting Pendidikan. Assessment atau yang disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan atau penggunaan dalam berbagai cara dan alat guna mendapatkan serangkaian informasi mengenai hasil dari pembelajaran serta pencapaian kompetensi dari peserta didik. Assessment atau penilaian mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar dan mengajar terhadap peserta didik.

 

Topik 6 : Lesson Planning (RPP)-Penyusunan, Evaluasi, Refleks

pada topik akhir di ata kuliah ini. Sekarang saatnya saya mempelajari bagaimana menciptakan pembelajaran yang baik dan terarah. Seorang calon guru perlu melakukan berbagai persiapan. Salah satu persiapan yang biasa dilakukan adalah merancang dan menyusun lesson plan atau RPP. RPP yang disusun tersebut dapat digambarkan sebagai penunjuk arah yang membuat pembelajaran dapat terjadi secara optimal, dengan langkah-langkah yang jelas dan merupakan satu bagian dari kesatuan cakupan materi pembelajaran yang sudah ditentukan untuk satu periode waktu tertentu. Pada topik 6 ini, saya mempelajari unsur-unsur yang perlu ada Ketika menyusun lesson plan, bagaimana mengevaluasi pembelajaran dan merefleksikan guna menciptakan pembelajaran yang lebih baik di masa mendatang.

Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

Topik 3 : Profilling Peserta didik

1. Mengapa topik-topik di atas penting dipelajari ?

a.       Sebagai calon guru profesional saya harus mengetahui bahwa peserta didik memiliki ragam latar belakang, karakteristik, minat, bakat serta kebutuhan belajar yang beragam.

b.      Sebagai calon guru profesional saya harus mempelajari tentang teori tentang belajar dan pembelajaran dan perkembangan peserta didik agar dapat merancang pembelajaran yang kreatif, inovatif dan mengakomodasi ragam kebutuhan belajar peserta didik.

c.       Sebagai calon guru profesional saya harus mempelajari dan memahami konsep pembelajaran berdiferensiasi, responsif terhadap budaya dan pembelajaran sesuai level peerta didik.

d.      Sebagai calon guru profesional saya harus merancang asesmen yang mana menyesuaikan antara kemampuan peserta didik, kebutuhan belajar peserta didik serta mengakomodasi seluruh peserta didik.

e.       Saya harus bisa mendesign pembelajaran yang dengan beragam pertimbagan dengan berbagai hasil analisis terkait peserta didik di dalam kelas.

 

2. Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut?

Saya mempelajari topik-topik di dalam mata kuliah Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya ini dengan membaca materi LMS, jurnal dan juga berbagai vidio pembelajaran lain yang berkaitan dengan materi Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya. Selain mempelajari materi dengan cara tersebut, saya juga melakukan praktik langsug seperti pengambilan data profiling peserta didik, wawancara baik denga peserta didik dan guru, dan juga berkonsultasi terkait dengan Lesson Planing yang akan digunakan dalam pembelajaran.

3. Apakah strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya? Mengapa?)

Strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari mata kuliah tersebut menurut saya sangat bermanfaat. Selain meningkatkan saya dalam kemampuan berliterasi karena harus membaca berbagai jurnal, materi dan juga materi dari banyak sumber saya juga bisa mendapatkan ilmu baru terkait dengan bagaimana membangun relasi dengan guru dan peserta didik. Selanjutnya saya bagaimana saya harus menysun Lesson Planing pembelaran yang disesuaikan dengan beragam perbedaan antar peserta didik.

Analisis artefak pembelajaran

Berikut visual artefak pembelajaran yang mendukung saya dalam pembelajaran :


Pembelajaran bermakna (good practices)

Setelah melakukan refleksi terkait dengan mata kuliah ini saya sudah belajar banyak hal terkait dengan bagaimana saya harus mengelola pembelajaran di kelas dimulai dari mengatuhui peserta didik melalui profiling peserta didik, membuatt asesmen dan terakhir menyusun rencana pembelajaran. Adapun hal yang menjadi makna dalam mata kuliah ini adalah sebagai seorang guru kita harus mengetahui bagimana latar belakang peserta didik. Untuk mengetahui tentang keragamana karakteristik, inat, bakat serta kebutuhan belajar yaitu melalui profiling peserta didik. Setelah melaksanakan profiling maka kita sudah dapat menentukan asesmen dan rancangan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas.

 

 

close