Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I

 Jurnal Refleksi Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif Seminar Pendidikan Profesi Guru

Nama Mata Kuliah

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I

Review pengalaman belajar.

Topik 1: Telaah Perencanaan Pembelajaran dan Perencanaan Asesmen untuk Pendidikan di SD.

Topik 1 berkaitan dengan kegiatan menelaah perencanaan pembelajaran dan perencanaan asesmen untuk pendidikan di SD, dimana pada topik ini diawali dengan dikenalkannya pembelajaran paradigma baru yang merupakan aktivitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (studentcentered teaching and learning). Pembelajaran paradigma baru lebih sistematis dengan adanya tiga siklus dan pengenalan profil pelajar Pancasila. Setelah itu, saya juga mempelajari tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta asesmen yang akan digunakan.

 

Topik 2: Implementasi Prinsip dan Strategi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen untuk SD

Pada topik 2 ini saya belajar untuk mencoba membuat perancangan pembelajaran dan asesmen. Dengan mempelajari pokok bahasan 2 ini, natinya saya mampu merancang perencanaan pembelajaran dan asesmen.

 

Topik 3: Analisis Capaian Pembelajaran Berdasarkan Karakteristik Peserta Didik (Anak Usia Sekolah Dasar)

Topik 3 berkaitan dengan kegiatan menelaah perencanaan pembelajaran dan perencanaan asesmen yang disusun oleh guru. Kemudian dilanjutkan dengan saya mencoba membuat sendiri perencanaan pembelajaran dan asesmen yang digunakan dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik.

 

Topik 4: Lingkungan Kelas yang Aman, Nyaman, dan Berpihak pada Ekosistem Pembelajaran SD

Topik 4 berkaitan dengan kegiatan menelaah lingkungan kelas yang aman, nyaman dan berpihak pada ekosistem pembelajaran yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi.

 

Topik 5: Implementasi Prinsip dan Strategi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif di SD

Pada topik 5 ini saya belajar tentang prinsip kesesuaian perencanaan pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik menunjukkan bahwa seorang guru harus memahami sejauh mana tingkat capaian peserta didik. Sementara itu, prinsip kesesuaian perencanaan pembelajaran dengan karakteristik peserta didik, mengindikasikan bahwa seorang guru harus mengenal siapa peserta didik yang akan ia ajar. Bagaimana cara seorang guru mengenal karakteristik peserta didik. Guru juga mampu menelaah kesesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik.

 

Topik 6: Laporan Praktik Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif dalam Konteks Pendidikan di SD

Pada topik 6 ini saya belajar tentang cara menjelaskan dan melaporkan praktik pembelajaran dan asesmen secara efektif. Pada pokok bahasan ini saya diharapkan mampu menjelaskan dan melaporkan praktik pembelajaran dan asesmen secara efektif

 

Topik 7: Refleksi Praktik Pembelajaran dan Asesmen dalam Konteks Pendidikan SD

Pada topik 7 ini saya belajar tentang melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan asesmen. Refleksi merupakan cara seseorang dalam melihat kembali apa yang telah dilakukan. Refleksi sangat penting karena dapat memberikan kesadaran mengenai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Setelah melakukan praktik pembelajaran dan asesmen seorang guru harus melakukan refleksi, agar dapat mengetahui apakah pembelajaran dan asesmen yang telah dilakukan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran ataukah masih ada yang harus diperbaiki. Refleksi dapat dilakukan sendiri atau dapat meminta pendapat dari orang lain. Namun, refleksi idealnya harus datang dari diri sendiri sehingga dapat lebih berlapang dada atas kekurangan yang dimiliki.

Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

Topik 5: Implementasi Prinsip dan Strategi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif di SD

1. Mengapa topik-topik di atas penting dipelajari ?

Menurut saya topik-topik tersebut sangat penting untuk dipelajari lebih mendalam agar kelak saya sebagai calon guru dapat menyusun perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Kemudian disamping itu, pada saat pelaksanaan pembelajaran saya dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan berpihak pada ekosistem pembelajaran sehingga anak ketika belajar tidak merasa takut atau tertekan oleh berbagai pihak. Dengan pelaksanaan pembelajaran yang menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan berpihak pada ekosistem pembelajaran diharapkan mampu memudahkan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

 

2. Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut?

Saya mempelajari topik - topik ini melalui materi yang ada di LMS, penjelasan dari dosen, serta hasil pemaparan yang disampaikan dari teman – teman yang membahas topik – topik ini. Adapun untuk memahami lebih dalam lagi, saya menggunakan beberapa literatur seperti jurnal yang berkaitan dengan materi prinsip pengajaran dan asesmen yang efektif I di SD

3. Apakah strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya? Mengapa?)

Strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik - topik ini menurut saya penting dan sangat bermanfaat, karena:

·         Belajar dengan cara membaca materi dari LMS dan jurnal dapat meningkatkan kemampuan saya dalam berliterasi.

·         Selain itu, saya mendapatkan ilmu terkait cara merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

·         Melalui praktik mengajar langsung di SD N Jetis 2, saya mendapatkan pengalaman mengajar yang kemudian saya menjadi tahu kekurangan – kekurangan apa saja yang harus saya perbaiki.

Analisis artefak pembelajaran

Berikut visual artefak pembelajaran yang mendukung saya dalam pembelajaran :


Ini adalah RPP kelas 5 saat melaksanakan PPL 1


Pembelajaran bermakna (good practices)

Setelah melakukan refleksi terkait mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I di SD ini, saya sebagai calon guru professional kelak harus dapat menerapkan Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang telah saya pelajari di SD tempat saya mengajar. Saya harus bisa calon guru professional harus belajar tentang prinsip kesesuaian perencanaan pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik menunjukkan bahwa seorang guru harus memahami sejauh mana tingkat capaian peserta didik. Sementara itu, prinsip kesesuaian perencanaan pembelajaran dengan karakteristik peserta didik, mengindikasikan bahwa seorang guru harus mengenal siapa peserta didik yang akan ia ajar. Saya juga belajar tentang melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan asesmen. Refleksi merupakan cara seseorang dalam melihat kembali apa yang telah dilakukan. Refleksi sangat penting karena dapat memberikan kesadaran mengenai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Setelah melakukan praktik pembelajaran dan asesmen seorang guru harus melakukan refleksi, agar dapat mengetahui apakah pembelajaran dan asesmen yang telah dilakukan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran ataukah masih ada yang harus diperbaiki.

 

 

close