Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi Proyek Kepemimpinan I Seminar PPG

 Seminar Pendidikan Profesi Guru


Refleksi Diri Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan I

 

Nama Mata Kuliah

Proyek Kepemimpinan I

Review pengalaman belajar

Topik 1 : VISI GURU PROFESIOAL

Topik 1 berkaitan dengan pentingnya sebagai calon guru professional dalam menjalani profesinya mengartikulasikan harapan-optimismenya ke dalam sebuah visi. Dengan visi yang kuat, ketika kelak menjalani profesinya sebagai guru, calon guru profesional telah memiliki arah-tujuan yang jelas di tengah segala tantangan dan tuntutan perjuangan yang akan dihadapi di masa depan, sehingga dapat terus bersemangat untuk menggerakkan diri beserta segenap pihak dalam ekosistem pendidikan dimana mereka berkarya.

 

Topik 2 : PEMETAAN TANTANGAN DAN KEKUATAN KOMUNITAS/SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK

Topik 2 berkaitan dengan calon guru professional perlu memahami konteks di mana sekolah/komunitas berada, sekaligus mengadopsi keterampilan berpikir sistem untuk menelisik apa yang dapat dijadikan sebagai daya ungkit untuk memberdayakan sekolah/komunitas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik secara berkelanjutan. Kemudian dilanjutkan dengan setiap kelompok membuat daftar ide-ide prakarsa perubahan yang memungkinkan untuk dijadikan projek kelompok.

 

Topik 3 : PERENCANAAN IMPLEMENTASI DAN MANAJEMEN PROJEK

Topik 3 berkaitan dengan membuat perencanaan implementasi dan manajemen proyek dimana mahasiswa secara kelompok membuat 10 template antara lain template profil projek, template rencana alur kegiatan, template work breakdown structure, template perencanaan skedul kegiatan, template perencanaan standar kualitas, template profil team members dan peran masing-masing, template mitra pelaksana, template kontrak pelaksana tugas (KPT), template jalur komunikasi.

Topik 4 : PROJEK MONITORING, EVALUASI, DAN LAPORAN AKHIR

Sebagaimana bagian topik sebelumnya, topik 4 ini juga akan mendorong Saya untuk langsung menerapkan keterampilan pengambilan keputusan sekaligus negosiasi ketika melakukan konfirmasi dan revisi rencana projek mereka terhadap rencana monitoring-evaluasi-pembelajaran-refleksi, terutama dalam segi pemantauan atas waktu, pembiayaan, dan kualitas.

Topik 5 : PROPOSAL PROJEK DAN STRATEGI KOMUNIKASI
Secara garis besar, untuk menentukan strategi dan implementasi komunikasi suatu projek kita dapat lakukan dalam enam kegiatan utama yaitu

  1. Merumuskan isu/topik/tema/hasil kegiatan yang akan dikomunikasikan.
  2. Mengidentifikasi siapa saja calon penerima informasi.
  3. Merumuskan tujuan melakukan komunikasi.
  4. Memilih dan membuat justifikasi atas media apa yang akan digunakan.
  5. Menyusun pesan dengan melakukan kontekstualisasi pesan sesuai jenis media yang digunakan.
  6. Merencanakan anggaran serta detail pelaksanaan strategi komunikasi.

 

 

Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

Topik 5 : PROPOSAL PROJEK DAN STRATEGI KOMUNIKASI

1.   Mengapa topik tersebut penting dipelajari?

 

Topik 5 : Saya memahami bahwa dalam merencanakan projek kepemimpinan yang menjalankan prinsip kreatif-inovatif diperlukan telaah kritis akan apa yang relevan dan kontekstual ketika mendesain inisiatif dan strategi perubahan agar dampaknya bermakna dan berkesinambungan bagi peserta didik dan terkoneksi dengan projek kepemimpinan II di semester 2 nantinya.

2.   Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut?

Cara yang saya lakukan untuk mempelajari topik-topik yang ada mata kuliah Projek Kepemimpinan 1 secara mendalam yaitu dengan membaca materi yang disajikan di LMS dan mencari referensi lain baik itu di jurnal/ artikel/ e-book sebagai bahan tambahan.

3.      Apakah strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya? Mengapa?

Strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik- topik tersebut penting bagi saya karena sebagai calon guru kita diharuskan terjun langsung di masyarakat dan memiliki pengalaman yang luas. Hal tersebut dilakukan dengan

mengambil peran di lingkungan masyarakat.

Analisis                   artefak pembelajaran

Artefak

Pembelajaran bermakna (good practices)

Setelah saya mengikuti perkuliahan Proyek Kepimpinan I, saya

memperoleh tambahan   pengetahuan   baru   utamanya   dalam

membuat visi/manifesto dan ide-ide prakarsa perubahan untuk

dijadikan projek kelompok yang selanjutnya dapat diterapkan di

masyarakat/ komunitas/ sekolah. Adapun projek yang kelompok

saya buat yaitu berkaitan dengan penelolaan sampah yang dijadikan kerajiana ataupun hiasan kelas. Diaharapkan dengan proyek tersebut siswa dan warga sekolah sadar akan kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas diolah menjadi barang yang bernilai guna

 

Posting Komentar untuk "Jurnal Refleksi Proyek Kepemimpinan I Seminar PPG"