Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koneksi Antar Materi - Pendidikan yang Memerdekakan dari Perspektif Lain

 Pendidikan yang Memerdekakan



Pendidikan yang memerdekakan adalah suatu proses Pendidikan yang berpihak pada peserta didik meletakkan unsur kebebasan anak didik untuk mengatur dirinya sendiri, bertumbuh dan berkembang menurut kodratnya secara lahiriah.

Pendidikan merupakan upaya untuk membina, menuntun, segala aspek yang melekat pada diri anak didik. Annak didik ingin mencapai manusia merdeka karema ia ingin memaknai eksistensinya sebagai manusia yang beradab, tidak bergantung pada orang lain. Pendidikan dan penagajaran merupakan sarana membina, menuntun pola piker anak didik baik akal budi teritis maupun akal budi praktis mereka demi membentuk pribadi yang berpengetahuan dan beretika.

Pendidikan Indonesia melalui proses yang Panjang dan dalam prosesnya menyelaraskan dengan identitas manusia Indonesia itu sendiri, nilai kultural dan nilai – nilai luhur yang dijadikan akar dalam Menyusun Pendidikan karakter guna tetap mempertahankan identitas atau kekhasan manusia Indonesia. Proses belajar disesuaikan dengan fase perkembangan peserta didik dan kultur yang berbeda beda. Pendidikan keagamaan sebagai implementasi dan penggambaran sebagai identitas manusia Indonesia yang religious sebagai bangsa yang berketuhanan.

Indonesisa mengalami perubahan dan perubahan seiring dengan perkembangan zaman, baik sebelum kemerdekaan maupun setelah kemerdekaan. Indonesia terus melakukan penyesuaian system Pendidikan dengan perkembangan teknologi agar tidak tertinggal. Pembaharuan ini dilakukan dengan tetap berpedoman dengan Pancasila sebagai landasan dan tetap memperhatikan identitas manusia Indonesia dalam Pendidikan.

close