Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koneksi Antar Materi Topik 2 - Pendidikan dan Nilai Sosial Budaya

 Filosofi Pendidikan Indonesia Topik 2: Dasar - Dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

01.01.2-T2-6 Koneksi Antar Materi - Pendidikan dan Nilai Sosial Budaya

Pada fase ini Anda diajak untuk meninjau ulang keseluruhan materi dari Pembelajaran 1 hingga Pembelajaran 6 dan membuat sebuah koneksi pemikiran dengan Mata Kuliah Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan Indonesia  dan membuat sebuah koneksi antar materi yang sudah Anda pelajari.

Instruksi tugas:

  1. Tinjau kembali tugas individu dan kelompok yang telah dikembangkan pada fase Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi dan Demonstrasi Kontekstual serta pahami materi kunci Mata Kuliah Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan Indonesia.
  2. Buatlah sebuah kesimpulan dan penjelasan mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang Anda pelajari dalam modul ini. 
  3. Buatlah sebuah refleksi dari pengetahuan dan pengalaman baru yang Anda peroleh dalam modul ini dan perubahan diri yang yang Andal alami dan akan Anda praktekan di sekolah dan kelas Anda.
  4. Ceritakan (konstruksikan kembali) proses pembelajaran dan suasana kelas yang mencerminkan pemikiran KH Dewantara secara konkret sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di kelas dan sekolah Anda. 
  5. Kesimpulan dan refleksi disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, artikel dalam blog, dan lainnya.
  6. Unggah hasil kerja Anda sesuai petunjuk pengiriman di bawah.

Pertanyaan pemantik dalam membuat kesimpulan dan refleksi terhadap pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara: 

  1. Apa yang Anda percaya tentang peserta didik dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari topik ini?
  2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari topik ini? 
  3. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda merefleksikan pemikiran KHD?

Kesimpulan

 

Pendidkan dan budaya sosial merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dikarenakan jika pendidikan hanya mengutamakan intelektualitas akan menyebabkan anak didik kurang humanis dan manusiawi. Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. kita sebagai pendidik harus memberikan teladan yang baik dengan harapan siswa dapat meneladaninya demi membuat karakter siswa, misalnya bersikap sopan dan ramah terhadap sesama baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Sedangkan kodrat zaman yaitu pada pendidikan globala menekankan pada kemampuan anak untuk memiliki keterampilan abad 21. Yang menjadi bagian penting dalam pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah pendidikan dengan sistem among. Pendidikan sistem among sangat sesuai dengan kurikulum merdeka yang saat ini diterapkan di sekolah. Pendidikan sistem among merupakan bentuk pembelajaran yang memerdekakan, penuh cinta kasih, dan menyenagkan. Hal tersebut sesuai dengan kurikulum merdeka saat ini yang penerapannya berfokus untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sebagai pendidik harus melaksaakan dasar kerja pendidik seperti yang diungkapkan Ki Hajar Dewantara yaitu: ing ngarso sung tuladha, ing madya manung karso, tut wuri handayani.

Refleksi

 

Yang saya percaya tentang peserta didik dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari topik ini yaitu:

1.      Peserta didik merupakan subjek pendidikan

2.      Sebagian besar pembelajaran lebih baik diisi oleh penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelejari

3.      Peserta didik belum memiliki pengetahuan yang baik mengenai pembelajaran sebelum diaja oleh seorang guru

4.      Pemebelajarn cenderung berpusat pada guru


Hal yang berubah setelah mempelajari topik 2 ini:

 

1.      Peserta didik merupakan sebuah subjek dalam proses pembelajaran bukan sebagai objek. Sehingga memnag seharusnya apendidikan dan pembelajarn spenuhnya disesuaikan dengan segala kebutuhan peserta didik

2.      Pendidkan harus berhamba pada anak yang artinya pendidikan dan pembelajaran mengutamakan kepentingan peserta didik

3.      Pendidikan harus menerapkan sistem among yang memerdekakakn peserta didik , sehingga dalam proses belajarnya peserta didik tidak akan merasa tertekan dan bahkan merasakan bahagia dalam mengikuti pembelajaran.

Yang dapat segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya merefleksikan pemikiran KHD

1.      Sebagai guru harus disiplin

2.      Guru meningkatkan kompetensinya

3.      Menjadi teladan bagi peserta didik sehingga bisa menanamkan nilai karakter budi pekeri luhur

4.      Membiasakan 5S (senyum, salam, sapa, sopan)

5.      Menggunakan model dan metode yang sesuai dengan karakteristik peserta didik

close