Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Refleksi Ruang Kolaborasi - Pembelajaran Sosial Emosional

 02.01.3-T1-3d Refleksi Ruang Kolaborasi

3r.png

Bapak/Ibu calon guru, silakan mengisi refleksi berikut. Selamat berefleksi!


  1. Apakah hal menarik yang telah Anda pelajari?
  2. Apakah ada hal baru yang dapat Anda terapkan dalam kegiatan mengajar nantinya?
  3. Apakah tantangan yang akan Anda hadapi dalam proses pembelajaran materi ini? Mengapa?
  4. Sebutkan tiga hal menarik yang telah Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda.
  5. Sebutkan dua hal penting yang Anda pelajari! Kemukakan dengan alasan atau contoh berupa gambar/foto untuk memperjelas jawaban Anda.
  6. Sebutkan satu hal yang Anda ingin coba dan terapkan dalam kelas! Jelaskan alasan Anda!

1.      Apakah hal menarik yang telah Anda pelajari?

Hal menarik yang saya pelajari bahwa pembelajaran social-emosional membantu individu untuk menjadi pribadi yang lebih baik yang memiliki hubungan yang posiif, mengelola

 

2.      Apakah ada hal baru yang dapat anda terapkan dalam kegiatan mengajar nantinya?

Hal baru yang dapat saya terapkan dalam pembeljaran nantinya adalah bagaimana mengajak siswa untuk mengenali emosi yang drasakan, mengajak siswa untuk mengelola perasaan da berhubungan terhadap sesame dan mengajarkan untuk melaksanakan tanggungjawabnya.

 

 

3.      Apakah tantangan yang akan anda hadapi dalam proses pembelajaran materi ini?

Tantangan yaitu sebagai guru dapat mengarahkan sikap control emosi yang dimiliki, bagaimana mengajarkan kepada siswa tentang memanajemen diri dengan baik agar nantinya siswa dapat menjadi pribadi yang baik.

 

4.      Sebutkan tiga hal menarik yang telah anda pelajari kemukakan dengan alas an atau contoh berupa gambar/ foto untuk memperjelas jawaban anda

Dalam pembelajaran sosio emosiaonal mempelajari bagaimana berinteraksi dengan orang lain dan melaksanakan tanggungjawabnya.

 

5.      Sebutkan dua hal penting yang anda pelajari kemukakan dengan alasan atau contoh

Pembelajaran social emosional bertujuan untuk memberikan cara bagaimana seorang guru untuk mengajarkan kepada siswa untuk mengelola emosi dengan baik. Dengan mempelajari pembelajaran social emosional dapat membantu individu untuk menjadi pribadi yang baik untuk mengelola emosi yang baik, mengelola emosi, berempati, membuat keputusan, dan bertanggungawab

 

6.      Sebutkan suatu hal yang anda ingin coba dan terapkan dalam kelas

·         Teknik: kesepakatan bersama

·         Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: guru bersama siswa menyepakati tugas piket harian. Jika siswa ada yang tidak melaksanakan piket, maka siswa akan menerima sebuah hukuman.

·         Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada peserta didik: siswa yang tidak melaksanakan piket akan menerima konsekuensi berupa hukumann yang disepakati bersama.

·         Penjelasan tentang tujuan: membiasakan siswa untuk bertanggung jawab, menerima konsekuensi dari apa yang siswa tersebut lakukan.

close