Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Persilangan Hukum Mendel 1


Bunyi Hukum Mendel 1 Dunia Sosial

Penjelasan Singkat tentang Hukum Mendel

Hukum Mendel adalah salah satu teori dasar dalam genetika yang dikemukakan oleh Gregor Mendel pada tahun 1865. Teori ini menjelaskan tentang cara pewarisan sifat dari induk ke keturunannya melalui gen. Menurut hukum Mendel, setiap individu memiliki dua alel untuk setiap sifat yang diwariskan, dan alel tersebut dapat dominan atau resesif.

Contoh Persilangan Hukum Mendel 1: Pewarisan Sifat Rambut Lurus atau Keriting

Persilangan Orang Tua

Untuk memahami contoh persilangan hukum Mendel 1, mari kita ambil contoh sifat rambut. Pada contoh ini, kita akan mempertimbangkan dua alel yang mengontrol sifat rambut, yaitu alel lurus (R) dan alel keriting (r). Misalkan kedua orang tua memiliki alel yang berbeda untuk sifat rambut, yaitu individu pertama memiliki alel R, sedangkan individu kedua memiliki alel r. Kedua individu tersebut memiliki rambut lurus. Oleh karena itu, kita dapat menuliskan genotipe mereka sebagai Rr (heterozigot).

Persilangan Generasi F1

Ketika kedua individu tersebut disilangkan, kita akan mendapatkan generasi F1 (filial 1). Karena alel R dominan, maka keturunan dari persilangan tersebut akan memiliki rambut lurus. Oleh karena itu, genotipe keturunan F1 akan menjadi RR atau Rr.

Persilangan Generasi F2

Setelah itu, kita dapat melakukan persilangan antara individu keturunan F1. Pada persilangan ini, kita akan menemukan keturunan dengan rambut lurus dan keriting. Berikut adalah rasio fenotipe yang mungkin terjadi pada keturunan F2: - 25% individu dengan genotipe RR (rambut lurus) - 50% individu dengan genotipe Rr (rambut lurus) - 25% individu dengan genotipe rr (rambut keriting)

Kesimpulan

Dari contoh persilangan hukum Mendel 1 di atas, kita dapat melihat bagaimana sifat yang diwariskan dapat ditentukan oleh alel yang dominan atau resesif. Selain itu, kita juga dapat melihat bagaimana rasio fenotipe pada keturunan F2 dapat dihitung menggunakan teori hukum Mendel.

Rekomendasi

Untuk lebih memahami hukum Mendel, Anda dapat mencoba melakukan persilangan pada tumbuhan atau hewan peliharaan. Selain itu, Anda juga dapat membaca lebih lanjut tentang genetika dan biologi molekuler untuk memperdalam pemahaman Anda tentang pewarisan sifat dan gen.

close