Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Ceples Menurut Kbbi


Pengertian Ceples

Ceples adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Jawa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ceples memiliki beberapa arti, yaitu:

1. Tidak Tepat Sasaran

Arti pertama dari ceples adalah tidak tepat sasaran atau tidak mengenai target yang diinginkan. Misalnya, jika seseorang melempar bola tapi tidak mengenai sasaran, dapat dikatakan bahwa lemparannya ceples.

2. Tidak Terarah

Arti kedua dari ceples adalah tidak terarah atau tidak memiliki tujuan yang jelas. Biasanya digunakan untuk menggambarkan tindakan atau perbuatan yang tidak memiliki arah atau tujuan yang jelas. Contohnya, jika seseorang melakukan perjalanan tanpa tujuan yang jelas, dapat dikatakan bahwa perjalanannya ceples.

3. Tidak Teratur

Arti ketiga dari ceples adalah tidak teratur atau tidak rapi. Digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak teratur atau tidak rapi dalam penampilan atau tata letak. Misalnya, jika seseorang mengatur barang-barangnya dengan tidak rapi, dapat dikatakan bahwa barang-barang tersebut ceples.

Contoh Penggunaan Ceples dalam Kalimat

1. Bola yang dilempar oleh pemain sepak bola tersebut meleset dan ceples ke samping.

2. Perjalanan kami ke pantai kemarin tidak memiliki tujuan yang jelas, hanya sekadar ceples-ceples saja.

3. Kamar tidur adikku selalu ceples, tidak ada barang yang tertata dengan rapi.

Antonim Ceples

Antonim dari ceples adalah tepat sasaran, terarah, dan teratur. Artinya, jika suatu perbuatan atau keadaan tidak ceples, maka perbuatan atau keadaan tersebut tepat sasaran, terarah, dan teratur.

Sinonim Ceples

Sinonim dari ceples adalah keliru, salah langkah, dan tidak terencana. Artinya, kata-kata tersebut memiliki arti yang sama dengan ceples.


close