Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Jenis-Jenis Segitiga


Macam Macam Segitiga Dan Gambarnya

Pendahuluan

Segitiga adalah salah satu bentuk geometri yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Bentuk segitiga sangat umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada bangun-bangun geometri, bendera negara, dan tanda peringatan di jalan raya. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dan jenis-jenis segitiga yang perlu kita ketahui.

Pengertian Segitiga

Segitiga adalah bentuk geometri yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Sisi-sisi segitiga dapat berbeda panjang, sedangkan sudut-sudutnya dapat berbeda besarannya. Sudut-sudut segitiga selalu berjumlah 180 derajat. Dalam segitiga, sisi terpanjang disebut sebagai sisi miring atau hipotenusa, sedangkan dua sisi lainnya disebut sebagai sisi tegak atau kaki.

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Sisinya

Segitiga dapat dikelompokkan berdasarkan panjang sisi-sisinya. Berikut adalah jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisi:

1. Segitiga Sama Sisi

Segitiga sama sisi adalah segitiga yang memiliki panjang sisi yang sama. Ketiga sisi pada segitiga ini memiliki panjang yang identik. Selain itu, sudut-sudut pada segitiga sama sisi juga memiliki besarannya yang sama, yaitu 60 derajat. Contoh segitiga sama sisi adalah segitiga dengan panjang sisi 3 cm, 3 cm, dan 3 cm.

2. Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki adalah segitiga yang memiliki dua sisi dengan panjang yang sama. Dalam segitiga ini, dua sudut di dasar segitiga juga memiliki besar yang sama. Sudut yang berada di antara dua sisi dengan panjang yang sama disebut sebagai sudut pangkal. Contoh segitiga sama kaki adalah segitiga dengan panjang sisi 5 cm, 5 cm, dan 3 cm.

3. Segitiga Sembarang

Segitiga sembarang adalah segitiga yang memiliki panjang sisi yang berbeda-beda. Ketiga sudut pada segitiga sembarang juga memiliki besarannya yang berbeda-beda. Segitiga sembarang merupakan bentuk segitiga yang paling umum ditemukan. Contoh segitiga sembarang adalah segitiga dengan panjang sisi 4 cm, 5 cm, dan 6 cm.

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Sudutnya

Segitiga juga dapat dikelompokkan berdasarkan besar sudut-sudutnya. Berikut adalah jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya:

1. Segitiga Siku-Siku

Segitiga siku-siku adalah segitiga yang memiliki salah satu sudutnya yang berukuran 90 derajat. Sudut yang berukuran 90 derajat disebut sebagai sudut siku-siku. Sisi yang berhadapan dengan sudut siku-siku disebut sebagai hipotenusa, sedangkan dua sisi lainnya disebut sebagai sisi tegak atau kaki. Contoh segitiga siku-siku adalah segitiga dengan sudut siku-siku 90 derajat dan panjang sisi 3 cm, 4 cm, dan 5 cm.

2. Segitiga Lancip

Segitiga lancip adalah segitiga yang memiliki tiga sudut yang berukuran kurang dari 90 derajat. Sudut-sudut pada segitiga lancip lebih kecil dari sudut siku-siku. Contoh segitiga lancip adalah segitiga dengan sudut-sudut 60 derajat, 60 derajat, dan 60 derajat.

3. Segitiga Tumpul

Segitiga tumpul adalah segitiga yang memiliki salah satu sudut yang berukuran lebih dari 90 derajat. Sudut yang berukuran lebih dari 90 derajat disebut sebagai sudut tumpul. Sisi yang berhadapan dengan sudut tumpul disebut sebagai sisi miring atau hipotenusa. Contoh segitiga tumpul adalah segitiga dengan sudut tumpul 120 derajat dan panjang sisi 7 cm, 8 cm, dan 10 cm.

Kesimpulan

Segitiga adalah bentuk geometri yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Terdapat berbagai jenis segitiga, antara lain segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga sembarang, segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan segitiga tumpul. Mengetahui jenis-jenis segitiga ini dapat membantu dalam memahami sifat-sifat dan sifat khusus dari masing-masing jenis segitiga tersebut.