Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuna Rungu Adalah

Anak Tuna Rungu Bisa 'Normal', Ini Terapinya Republika Online

Tuna rungu adalah sebutan untuk seseorang yang mengalami kehilangan pendengaran. Kondisi ini bisa terjadi sejak lahir atau akibat faktor lain seperti penyakit atau kecelakaan. Individu tuna rungu mengalami kesulitan dalam mendengar suara atau bunyi, sehingga mereka harus menggunakan bahasa isyarat atau alat bantu pendengaran untuk berkomunikasi.

Penyebab Tuna Rungu

Tuna rungu bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa penyebab umum meliputi:

1. Faktor Genetik

Beberapa kasus tuna rungu terjadi karena adanya kelainan genetik yang diturunkan dari keluarga. Misalnya, jika salah satu atau kedua orang tua memiliki gangguan pendengaran, kemungkinan besar anak mereka juga akan mengalami kondisi serupa.

2. Infeksi

Infeksi telinga seperti otitis media atau infeksi telinga tengah dapat merusak gendang telinga dan menyebabkan kehilangan pendengaran sementara atau permanen.

3. Kecelakaan

Kecelakaan yang melibatkan kepala atau telinga dapat merusak saluran pendengaran dan menyebabkan kehilangan pendengaran. Misalnya, benturan keras pada kepala atau ledakan yang menghasilkan suara keras dapat merusak struktur pendengaran.

Tanda dan Gejala Tuna Rungu

Tanda dan gejala tuna rungu dapat bervariasi tergantung pada tingkat kehilangan pendengaran. Beberapa gejala umum yang mungkin dialami oleh individu tuna rungu meliputi:

- Kesulitan mendengar suara atau bicara orang lain

- Kesulitan mengikuti percakapan dalam kelompok atau lingkungan bising

- Meminta orang lain untuk mengulang kata-kata atau kalimat

- Menggunakan volume suara yang tinggi saat berbicara

- Kesulitan mendengar suara-suara lembut atau tinggi

Perawatan dan Dukungan

Individu tuna rungu bisa mendapatkan dukungan dan perawatan yang diperlukan untuk memfasilitasi komunikasi dan kehidupan sehari-hari mereka. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan meliputi:

- Menggunakan alat bantu pendengaran seperti hearing aid atau cochlear implant untuk meningkatkan kemampuan mendengar

- Mengikuti terapi wicara dan bahasa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi

- Belajar bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan individu lain yang juga menggunakan bahasa isyarat

- Menghindari paparan suara keras yang dapat merusak pendengaran lebih lanjut

Kesimpulan

Tuna rungu adalah kondisi kehilangan pendengaran yang bisa terjadi sejak lahir atau akibat faktor lain. Individu tuna rungu mengalami kesulitan dalam mendengar suara atau bunyi, namun dengan perawatan dan dukungan yang tepat, mereka dapat tetap berkomunikasi dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik.