Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Yang Bukan Kriteria Pertanyaan Pemantik

Berikut Yang Bukan Merupakan Kriteria Proposal Penelitian Adalah
Artikel: Berikut yang Bukan Kriteria Pertanyaan Pemantik

Definisi Pertanyaan Pemantik

Pertanyaan pemantik adalah pertanyaan yang dirancang untuk memancing dan memotivasi seseorang untuk memberikan tanggapan. Pertanyaan ini sering digunakan dalam berbagai situasi, baik dalam komunikasi sehari-hari maupun dalam konteks profesional.

Kriteria Pertanyaan Pemantik

Pada umumnya, pertanyaan pemantik memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Pertanyaan tersebut haruslah terbuka, bersifat non-judgmental, dan mengandung tantangan untuk berpikir secara mendalam. Selain itu, pertanyaan pemantik juga sebaiknya memotivasi orang yang ditanyai untuk memberikan jawaban yang lebih dari sekadar "ya" atau "tidak".

Kriteria 1: Pertanyaan Terbuka

Pertanyaan terbuka memungkinkan seseorang untuk memberikan jawaban yang lebih panjang dan mendetail. Pertanyaan seperti "Bagaimana pendapatmu tentang..." atau "Apa yang kamu pikirkan mengenai..." merupakan contoh pertanyaan terbuka yang bisa menjadi pemantik yang baik.

Kriteria 2: Non-Judgmental

Pertanyaan pemantik sebaiknya tidak mengandung penilaian atau prasangka terhadap orang yang ditanyai. Pertanyaan yang bersifat non-judgmental akan membuat orang merasa lebih nyaman dan terbuka untuk berbagi pendapatnya.

Kriteria 3: Tantangan Berpikir Mendalam

Pertanyaan pemantik yang efektif juga haruslah menantang orang untuk berpikir secara mendalam dan reflektif. Pertanyaan tersebut dapat mengajak orang untuk melihat suatu situasi dari berbagai sudut pandang, mempertimbangkan pro dan kontra, atau merenungkan dampak dari suatu keputusan.

Bukan Kriteria Pertanyaan Pemantik

Di samping kriteria yang harus dipenuhi, ada juga beberapa jenis pertanyaan yang bukan menjadi kriteria pertanyaan pemantik. Pertanyaan yang bersifat tertutup, subjektif, atau hanya membutuhkan jawaban singkat seperti "ya" atau "tidak" bukanlah pertanyaan pemantik yang efektif.

Pertanyaan Tertutup

Pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang memiliki jawaban yang sudah ditentukan sebelumnya. Pertanyaan ini seringkali hanya membutuhkan jawaban singkat seperti "ya" atau "tidak". Pertanyaan seperti "Apakah kamu suka makanan pedas?" atau "Apakah kamu pernah ke luar negeri?" merupakan contoh pertanyaan tertutup.

Pertanyaan Subjektif

Pertanyaan subjektif adalah pertanyaan yang jawabannya tergantung pada pandangan atau pendapat pribadi masing-masing individu. Pertanyaan seperti "Apa film favoritmu?" atau "Bagaimana pendapatmu mengenai kebijakan pemerintah?" bisa memiliki beragam jawaban yang subjektif.

Pertanyaan Dengan Jawaban Singkat

Pertanyaan dengan jawaban singkat seringkali tidak mampu memancing tanggapan yang lebih mendalam. Pertanyaan seperti "Apakah kamu lapar?" atau "Apakah kamu senang hari ini?" hanya membutuhkan jawaban singkat seperti "ya" atau "tidak".

Kesimpulan

Pertanyaan pemantik adalah pertanyaan yang memiliki kriteria tertentu, seperti terbuka, non-judgmental, dan menantang untuk berpikir mendalam. Pertanyaan tertutup, subjektif, atau dengan jawaban singkat bukanlah kriteria pertanyaan pemantik yang efektif. Dalam berkomunikasi atau dalam konteks profesional, penting bagi kita untuk menggunakan pertanyaan pemantik yang sesuai agar dapat memperoleh tanggapan yang lebih berarti dan mendalam dari orang lain.