Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat-Alat Zaman Neolitikum

alat pemukul kulit kayu Perhiasan zaman neolitikum peninggalan

Di zaman Neolitikum, manusia telah mengalami perubahan besar dalam cara hidup mereka. Mereka mulai beralih dari gaya hidup berburu dan mengumpulkan menjadi gaya hidup berkebun dan berternak. Perubahan ini juga diikuti dengan penggunaan alat-alat yang lebih maju untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa alat yang digunakan pada zaman Neolitikum:

1. Kapak Batu

Kapak batu adalah salah satu alat paling penting pada zaman Neolitikum. Kapak ini terbuat dari batu yang digosok dan dipahat dengan teliti. Kapak batu digunakan untuk memotong kayu, membangun rumah, dan alat pertanian lainnya.

2. Gilingan Batu

Gilingan batu adalah alat yang digunakan untuk menggiling biji-bijian dan tanaman menjadi tepung. Alat ini terdiri dari dua batu, satu batu tetap dan satu batu berputar. Biji-bijian atau tanaman diletakkan di antara kedua batu dan digiling dengan menggerakkan batu yang berputar.

3. Gerabah

Pada zaman Neolitikum, manusia mulai membuat gerabah untuk menyimpan makanan dan air. Gerabah terbuat dari tanah liat yang dibentuk dan kemudian dibakar. Gerabah ini sangat penting karena dapat menyimpan makanan dalam jumlah yang lebih besar dan lebih lama.

4. Alat Pertanian

Pada masa ini, manusia juga mulai menggunakan alat pertanian yang lebih maju. Mereka menggunakan cangkul untuk membajak tanah dan menyiangi gulma. Mereka juga menggunakan sabit untuk memanen tanaman dan alat-alat penggiling lainnya untuk memproses hasil panen.

5. Alat Pembakaran

Pada zaman Neolitikum, manusia juga menggunakan alat pembakaran seperti tungku dan api unggun. Alat pembakaran ini digunakan untuk memasak makanan, memanaskan ruangan, dan membuat alat-alat dari logam.

6. Alat Pembuatan Kain

Pada masa ini, manusia mulai menggunakan alat untuk membuat kain dari serat tumbuhan. Mereka menggunakan alat tenun untuk menghasilkan kain yang lebih halus dan tahan lama.

7. Alat Pencukur

Pada masa ini, manusia juga menggunakan alat pencukur yang terbuat dari tulang atau batu untuk mencukur bulu-bulu pada hewan yang diternakkan. Bulu-bulu ini kemudian digunakan untuk membuat pakaian atau alas tidur.

8. Alat Perburuan

Meskipun manusia pada masa ini sudah beralih ke gaya hidup pertanian, mereka masih membutuhkan alat perburuan untuk mendapatkan makanan tambahan. Mereka menggunakan tombak, busur, dan anak panah untuk berburu hewan liar.

9. Alat Pengangkut

Pada masa Neolitikum, manusia mulai menggunakan alat pengangkut seperti kereta dorong, tandu, dan perahu. Alat-alat ini digunakan untuk membawa barang-barang dan hasil pertanian dari satu tempat ke tempat lain.

10. Alat Musik

Pada masa ini, manusia juga mulai menggunakan alat musik seperti seruling dan gendang. Alat musik ini digunakan untuk mengiringi upacara keagamaan dan acara sosial lainnya.

Itulah beberapa alat yang digunakan pada zaman Neolitikum. Dengan penggunaan alat-alat ini, manusia pada masa itu dapat hidup lebih nyaman dan efisien dalam kegiatan sehari-hari mereka.

close