Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Neolitikum

12 Peninggalan Zaman Neolitikum Beserta Fungsi dan Penjelasan Anto
Alat Neolitikum

Pada era Neolitikum, manusia mulai mengembangkan alat-alat yang lebih maju dalam kehidupan sehari-hari mereka. Alat-alat ini bermanfaat untuk pertanian, pemrosesan makanan, dan berbagai kegiatan lainnya.

Alat Pertanian

Pada masa Neolitikum, manusia mulai menggunakan alat-alat pertanian seperti cangkul dan sabit. Cangkul digunakan untuk membajak tanah dan mempersiapkan lahan pertanian, sedangkan sabit digunakan untuk memotong tanaman hasil panen.

Alat Pemrosesan Makanan

Salah satu inovasi penting pada era ini adalah penggunaan batu penggiling. Batu penggiling digunakan untuk menggiling biji-bijian menjadi tepung, sehingga manusia dapat membuat roti dan makanan lainnya. Selain itu, alat pemotong dan pengupas juga mulai digunakan untuk mempersiapkan bahan makanan.

Alat Pembuatan Perhiasan

Pada masa Neolitikum, manusia juga mulai menggunakan alat-alat untuk membuat perhiasan. Mereka menggunakan alat pemahat untuk mengukir dan membentuk berbagai bahan seperti tulang, tanduk, dan batu untuk dijadikan perhiasan.

Alat Berburu

Alat berburu yang digunakan pada era Neolitikum mencakup panah, busur, dan tombak. Alat-alat ini membantu manusia dalam mencari makanan, seperti berburu binatang.

Alat memancing

Manusia pada zaman Neolitikum juga menggunakan alat-alat memancing seperti jaring, jerat, dan alat pancing. Alat-alat ini memungkinkan mereka untuk menangkap ikan dan sumber makanan lainnya dari perairan.

Alat Pemukiman

Pada masa Neolitikum, manusia mulai membangun pemukiman tetap. Mereka menggunakan alat-alat seperti kapak batu untuk memotong kayu dan membangun rumah dari bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar mereka.

Alat Penerangan

Alat penerangan pada era ini terbatas pada lampu minyak yang terbuat dari batu dan minyak hewan. Lampu minyak ini digunakan untuk menerangi ruangan di dalam rumah-rumah mereka.

Alat Pertahanan

Pada masa Neolitikum, manusia mulai menggunakan alat-alat pertahanan seperti tombak dan perisai. Alat-alat ini digunakan untuk melindungi diri dari serangan hewan buas atau suku-suku lainnya.

Alat Musik

Manusia pada era Neolitikum juga mulai mengembangkan alat musik sederhana. Mereka menggunakan alat-alat seperti seruling dan drum untuk mengiringi tarian dan upacara keagamaan.

close