Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Iqomah

Lafadz Bacaan Iqomah dan Jawabannya (Arab, Latin, dan Artinya

Pengertian Iqomah

Iqomah adalah panggilan kedua bagi umat Muslim setelah adzan untuk mempersiapkan diri menjalankan salat berjamaah di masjid atau tempat ibadah lainnya. Iqomah dilakukan oleh seorang muadzin atau orang yang ditunjuk oleh jamaah untuk melaksanakan tugas ini.

Keutamaan Iqomah

Iqomah memiliki beberapa keutamaan yang penting untuk diketahui. Pertama, iqomah merupakan tanda dimulainya salat berjamaah, yang dianjurkan oleh Rasulullah. Kedua, salat berjamaah dengan iqomah memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan salat sendiri-sendiri. Ketiga, iqomah juga memberikan kenyamanan dan kekhusyukan dalam melaksanakan salat berjamaah.

Bacaan Iqomah

Bacaan iqomah terdiri dari beberapa kalimat yang diucapkan oleh muadzin. Berikut adalah bacaan iqomah yang umum digunakan:

Allahu Akbar, Allahu Akbar - Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Ashhadu an la ilaha illallah - Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah

Ashhadu anna Muhammadan Rasulullah - Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah

Haiya 'ala as-salah - Marilah menuju salat

Haiya 'ala al-falah - Marilah menuju kebahagiaan (salat yang sempurna)

Allahu Akbar, Allahu Akbar - Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

La ilaha illallah - Tidak ada tuhan selain Allah

Waktu Iqomah

Iqomah dilakukan beberapa saat setelah adzan, biasanya sekitar satu hingga dua menit. Hal ini memberikan waktu bagi jamaah untuk menyiapkan diri dan berkumpul di tempat salat.

Tempat Iqomah

Iqomah biasanya dilakukan di dalam masjid atau tempat ibadah lainnya, seperti rumah atau kantor yang memiliki musholla. Muadzin akan berdiri di depan jamaah dan mengucapkan bacaan iqomah.

Keutamaan Mendengarkan Iqomah

Mendengarkan bacaan iqomah juga memiliki keutamaan tersendiri. Rasulullah bersabda bahwa siapa pun yang mendengarkan iqomah dengan penuh perhatian dan mengikuti apa yang diucapkan oleh muadzin, maka dosa-dosanya akan diampuni.

Kesimpulan

Iqomah adalah panggilan kedua setelah adzan untuk mempersiapkan diri menjalankan salat berjamaah. Bacaan iqomah terdiri dari beberapa kalimat yang diucapkan oleh muadzin. Iqomah memiliki keutamaan dalam melaksanakan salat berjamaah dan mendengarkan iqomah juga memiliki keutamaan tersendiri. Semoga kita senantiasa dapat menjalankan salat berjamaah dengan penuh khushu' dan mendengarkan iqomah dengan khusyuk.

close