Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sesudah Sholat Dhuha

Tata Cara Bacaan Niat Doa Sesudah Sholat Dhuha Dan Waktunya Doa

Pengertian Sholat Dhuha

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu pagi hari setelah matahari terbit dan sebelum waktu sholat Dzuhur. Sholat ini merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan memberikan banyak keutamaan bagi yang melakukannya.

Kebaikan Melakukan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan di antaranya adalah mendapatkan pahala seperti sholat malam, membersihkan hati dari kegelapan, mendapatkan kebahagiaan, dan memperoleh rezeki yang berlimpah. Selain itu, sholat ini juga dapat meningkatkan kekhusyukan dalam beribadah serta menjaga kesehatan fisik dan mental.

Bacaan Setelah Sholat Dhuha

Bacaan Istighfar

Setelah menyelesaikan sholat Dhuha, disunnahkan untuk membaca istighfar sebanyak 3 kali. Istighfar adalah meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah dilakukan.

Bacaan Tasbih

Setelah membaca istighfar, disarankan untuk membaca tasbih sebanyak 10 kali. Tasbih adalah mengucapkan "Subhanallah" yang artinya Maha Suci Allah.

Bacaan Tahmid

Setelah tasbih, bacalah tahmid sebanyak 10 kali. Tahmid adalah mengucapkan "Alhamdulillah" yang artinya Segala puji bagi Allah.

Bacaan Takbir

Setelah tahmid, bacalah takbir sebanyak 10 kali. Takbir adalah mengucapkan "Allahu Akbar" yang artinya Allah Maha Besar.

Bacaan Tahlil

Setelah takbir, bacalah tahlil sebanyak 10 kali. Tahlil adalah mengucapkan "La ilaha illallah" yang artinya Tiada Tuhan selain Allah.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah membaca bacaan-bacaan di atas, disarankan untuk mengakhiri dengan doa. Berdoalah kepada Allah SWT dengan segala permohonan dan harapan yang kita miliki.

Keutamaan Melakukan Bacaan Sesudah Sholat Dhuha

Melakukan bacaan sesudah sholat Dhuha memiliki keutamaan seperti mendapatkan pahala yang berlipat ganda, mendapatkan perlindungan Allah SWT, serta menjaga hati dan pikiran agar tetap tenang dan damai. Selain itu, melalui bacaan ini kita juga dapat memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT.

Kesimpulan

Sholat Dhuha adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Setelah melaksanakan sholat Dhuha, kita disunnahkan untuk membaca bacaan-bacaan seperti istighfar, tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan berdoa kepada Allah SWT. Melalui bacaan ini, kita dapat memperoleh berbagai keutamaan dan manfaat baik secara spiritual maupun fisik.

close