Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat Idul Fitri

Bacaan dan Niat Sholat Idul Fitri 2022 Hari Ini, Lengkap Dengan Tata

Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Idul Fitri adalah hari raya yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Setelah sebulan berpuasa dalam bulan Ramadan, umat Muslim merayakan kemenangan setelah melewati serangkaian ibadah. Salah satu ibadah yang dilakukan pada hari raya Idul Fitri adalah sholat Idul Fitri. Sholat ini memiliki bacaan tersendiri yang harus diketahui oleh umat Muslim.

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri

Sebelum memulai sholat Idul Fitri, umat Muslim harus membaca niat sholat terlebih dahulu. Niat sholat Idul Fitri dapat dibaca sebagai berikut:

"Ushalli sunnata idil fitri rak'ataini lillahi ta'ala."

Artinya, "Aku niat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Bacaan Takbiratul Ihram

Setelah membaca niat, umat Muslim kemudian melanjutkan dengan takbiratul ihram. Takbiratul ihram adalah ucapan Allahu Akbar yang dilakukan sebelum memulai sholat. Bacaan takbiratul ihram pada sholat Idul Fitri adalah sebagai berikut:

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, laa ilaha illallah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahi al-hamd."

Artinya, "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah."

Bacaan Surat Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, umat Muslim membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran. Bacaan surat Al-Fatihah pada sholat Idul Fitri sama seperti bacaan pada sholat lainnya.

Bacaan Surat Pilihan

Setelah membaca surat Al-Fatihah, umat Muslim kemudian membaca surat pilihan. Surat yang dibaca pada sholat Idul Fitri dapat berbeda-beda, namun surat yang sering dibaca adalah Surat Al-A'la atau Surat Al-Ghashiyah.

Rukuk dan Sujud

Setelah membaca surat pilihan, umat Muslim melanjutkan dengan melakukan rukuk dan sujud. Rukuk dilakukan dengan membungkukkan badan dan meletakkan tangan di atas lutut. Sementara itu, sujud dilakukan dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai.

Tahiyat Awal dan Akhir

Setelah melakukan rukuk dan sujud, umat Muslim duduk untuk membaca tahiyat awal dan akhir. Tahiyat awal dibaca setelah dua rakaat pertama, sementara tahiyat akhir dibaca setelah dua rakaat terakhir. Bacaan tahiyat awal dan akhir pada sholat Idul Fitri sama seperti bacaan pada sholat lainnya.

Taslim

Setelah membaca tahiyat akhir, umat Muslim melanjutkan dengan membaca taslim. Taslim adalah ucapan salam yang dilakukan sebagai tanda berakhirnya sholat. Taslim pada sholat Idul Fitri sama seperti taslim pada sholat lainnya.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sholat Idul Fitri memiliki bacaan tersendiri yang harus diketahui oleh umat Muslim. Bacaan-bacaan tersebut meliputi niat sholat Idul Fitri, takbiratul ihram, surat Al-Fatihah, surat pilihan, rukuk, sujud, tahiyat awal dan akhir, serta taslim. Dengan memahami bacaan-bacaan tersebut, umat Muslim dapat melaksanakan sholat Idul Fitri dengan baik dan sesuai dengan tuntunan agama.

close