Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat Jumat: Panduan Lengkap Untuk Umat Muslim

Bacaan Bilal Solat Jumaat soakploaty

Sholat Jumat adalah salah satu ibadah penting dalam agama Islam. Setiap Jumat, umat Muslim berkumpul di masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah dan mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh imam. Dalam pelaksanaannya, terdapat bacaan-bacaan yang harus diketahui dan dipahami oleh setiap Muslim. Berikut ini adalah panduan lengkap mengenai bacaan sholat Jumat.

Bacaan Niat Sholat Jumat

Sebelum memulai sholat Jumat, kita perlu menyempurnakan niat. Niat sholat Jumat dapat dibaca sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةَ الْجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى (Usholli sunnatal jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala)

Artinya: "Aku niat sholat sunnah Jumat, dua rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

Bacaan Takbiratul Ihram

Setelah niat, kita melanjutkan dengan takbiratul ihram. Bacaan takbiratul ihram adalah:

اللَّهُ أَكْبَرُ (Allahu Akbar)

Artinya: "Allah Maha Besar."

Bacaan Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, kita membaca surat Al-Fatihah. Bacaan Al-Fatihah adalah:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (Al-Fatihah 1-7)

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pengasih, Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat."

Bacaan Surat Jumat

Setelah membaca Al-Fatihah, imam melanjutkan dengan membaca surat Jumat. Bacaan surat Jumat adalah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ (Al-Jumu'ah 9)

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Bacaan Doa Qunut

Setelah membaca surat Jumat, imam melanjutkan dengan doa qunut. Bacaan doa qunut adalah:

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ ۚ إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ ۚ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ (H.R. Abu Daud)

Artinya: "Ya Allah, berilah petunjuk kepadaku di antara orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku kesehatan di antara orang yang telah Engkau beri kesehatan, berilah aku perlindungan di antara orang yang telah Engkau lindungi, berilah aku berkah dalam apa yang Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan apa yang Engkau takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menetapkan, dan tidak ada yang menetapkan atasmu. Sesungguhnya tidak akan direndahkan orang yang Engkau perlindungi, dan tidak akan diberi kemuliaan orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau, ya Rabb kami, dan Maha Tinggi Engkau."

Bacaan Salam

Setelah doa qunut, imam melanjutkan dengan membaca salam. Bacaan salam adalah:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ (Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi)

Artinya: "Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah kepadamu."

Demikianlah panduan lengkap mengenai bacaan sholat Jumat. Semoga bermanfaat bagi umat Muslim dalam melaksanakan ibadah sholat Jumat. Dengan memahami bacaan-bacaan tersebut, kita dapat menjalankan sholat Jumat dengan khusyuk dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

close