Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Iftitah

Doa Iftitah Allahu Akbar Kabiro Dan Artinya IMAGESEE

Bacaan doa iftitah adalah doa yang dibaca ketika kita memulai shalat. Doa ini memiliki makna yang sangat penting karena dengan membaca doa iftitah, kita mengawali ibadah shalat dengan penuh kesadaran dan kekhusyukan. Berikut ini adalah bacaan doa iftitah yang sering dibaca saat memulai shalat:

1. Mengangkat tangan

Pertama-tama, kita mengangkat tangan sejajar dengan bahu sambil mengucapkan takbiratul ihram. Dalam posisi ini, kita membaca doa iftitah dengan hati yang khusyuk dan tenang.

2. Mengucapkan basmalah

Setelah takbiratul ihram, kita mengucapkan basmalah sebelum membaca doa iftitah. Basmalah adalah ucapan yang menyatakan permulaan segala sesuatu dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

3. Memuji Allah

Setelah basmalah, kita memuji Allah dengan kalimat “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin” yang artinya “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”. Dengan memuji Allah, kita mengakui kebesaran-Nya sebagai Pencipta dan Pemelihara alam semesta.

4. Mengucapkan hamdalah

Setelah memuji Allah, kita mengucapkan hamdalah dengan kalimat “Ar-Rahmanir-Rahim” yang artinya “Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. Dengan mengucapkan hamdalah, kita mengakui sifat-sifat Allah yang penuh kasih sayang dan kebaikan.

5. Mengucapkan takbir

Setelah mengucapkan hamdalah, kita mengucapkan takbir dengan kalimat “Allahu Akbar” yang artinya “Allah Maha Besar”. Dengan mengucapkan takbir, kita menegaskan keagungan dan kebesaran Allah dalam hati kita.

6. Membaca doa iftitah

Setelah takbir, kita membaca doa iftitah dengan penuh khusyuk dan khidmat. Doa iftitah adalah doa yang berisi permohonan ampunan, keberkahan, dan petunjuk dari Allah dalam menjalankan shalat.

7. Rukun shalat

Setelah membaca doa iftitah, kita melanjutkan dengan rukun-rukun shalat seperti rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, dan lain-lain. Rukun-rukun shalat ini harus dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

8. Membaca surat Al-Fatihah

Setelah selesai melakukan rukun-rukun shalat, kita membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran yang harus dibaca dalam setiap rakaat shalat.

9. Membaca surat pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita dapat melanjutkan dengan membaca surat pendek dari Al-Quran. Surat pendek yang biasa dibaca setelah Al-Fatihah antara lain Surat Al-Ikhlas, Surat An-Nas, Surat Al-Falaq, dan Surat Al-Kafirun.

10. Melakukan rukuk dan sujud

Setelah membaca surat pendek, kita melanjutkan dengan melakukan rukuk dan sujud. Rukuk dilakukan dengan membungkukkan badan sambil mengucapkan kalimat tasbih, sedangkan sujud dilakukan dengan meletakkan dahi dan telapak tangan di atas lantai sambil mengucapkan kalimat tasbih.

Itulah bacaan doa iftitah yang sering dibaca saat memulai shalat. Dengan membaca doa iftitah, kita mengawali ibadah shalat dengan penuh kesadaran dan kekhusyukan. Semoga bacaan doa ini dapat menambah kekhidmatan dan kualitas shalat kita.

close