Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Wudhu Yang Bermanfaat Untuk Keseharian Anda

Doa Sesudah Wudhu beserta Artinya

Pentingnya Doa Wudhu dalam Kehidupan Sehari-hari

Wudhu adalah salah satu ibadah yang penting dalam agama Islam. Selain membersihkan diri, wudhu juga memiliki nilai spiritual yang memberikan ketenangan dan kesucian kepada setiap muslim yang melakukannya. Bagi Anda yang ingin menjalankan wudhu dengan sempurna, tidak ada salahnya untuk menghafal bacaan doa wudhu. Doa ini akan menjadi panduan dalam melaksanakan wudhu dengan benar dan penuh kekhidmatan.

Doa Sebelum Wudhu

Sebelum memulai wudhu, ada baiknya untuk membaca doa sebelum wudhu terlebih dahulu. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT sekaligus memohon keberkahan dalam menjalankan ibadah.

“بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي جَعَلَ الْمَاءَ طَهُوْرًا وَلَمْ يَجْعَلْهُ نَجِسًا، أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلَهَ إِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ”

Doa Setelah Membasuh Wajah

Setelah membaca doa sebelum wudhu, langkah pertama dalam melaksanakan wudhu adalah membaca doa setelah membaca wajah. Doa ini mengandung permohonan agar wajah kita senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

“اللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِيْ يَوْمَ تَسْوِدُّ وُجُوْهٌ وَتَبْيَضُّ وُجُوْهٌ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِيْ وَآمِنْ رَوْعَاتِيْ، اللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِيْ وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ”

Doa Setelah Membasuh Tangan hingga Siku

Setelah membersihkan wajah, langkah selanjutnya adalah membaca doa setelah membaca tangan hingga siku. Doa ini berfungsi untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar tangan kita senantiasa digunakan untuk melakukan amal yang baik dan bermanfaat.

“اللَّهُمَّ أَطَهِّرْ يَدَيَّ مِنَ الذُّنُوْبِ وَالْخَطَايَا، اللَّهُمَّ اجْعَلْ يَدَيَّ مُبَارَكَتَيْنِ مَبَارَكَةً وَمُتَطَهِّرَتَيْنِ مُتَطَهِّرَةً، اللَّهُمَّ اجْعَلْ يَدَيَّ نُوْرًا”

Doa Setelah Menyiram Air ke Kepala

Doa selanjutnya adalah doa setelah menyiram air ke kepala. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar pikiran kita senantiasa dijauhkan dari pikiran-pikiran negatif dan terhindar dari gangguan syaitan.

“اللَّهُمَّ أَطَهِّرْ رَأْسِيْ مِنَ الذُّنُوْبِ وَالْخَطَايَا، اللَّهُمَّ اجْعَلْ رَأْسِيْ مُبَارَكًا وَمُنِيْرًا، اللَّهُمَّ اجْعَلْ رَأْسِيْ نُوْرًا وَاجْعَلْ بَصَرِيْ نُوْرًا وَاجْعَلْ سَمْعِيْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِسَانِيْ نُوْرًا وَاجْعَلْ قَلْبِيْ نُوْرًا وَاجْعَلْ جَسَدِيْ نُوْرًا”

Doa Setelah Membasuh Kaki hingga Mata Kaki

Terakhir, setelah membersihkan bagian tubuh yang lain, kita membaca doa setelah membaca kaki hingga mata kaki. Doa ini berfungsi untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar langkah-langkah kita selalu dijauhkan dari kesesatan dan selalu mendapatkan petunjuk-Nya.

“اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ الْأَقْدَامُ، اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ الْأَقْدَامُ، اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ الْأَقْدَامُ”

Demikianlah bacaan doa wudhu yang bermanfaat untuk keseharian Anda. Semoga dengan menghafalkan dan melaksanakan doa-doa ini, wudhu Anda menjadi lebih sempurna dan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Selamat menjalankan ibadah wudhu dengan penuh keikhlasan dan ketenangan.

close