Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat 5 Waktu Beserta Gambarnya

Bacaan Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Niat, Arab, Latin, dan Artinya

Pengantar

Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Ibadah ini dilakukan sebagai bentuk penghambaan kepada Allah SWT. Salah satu bentuk sholat yang wajib dilakukan adalah sholat 5 waktu. Dalam sholat 5 waktu, terdapat bacaan-bacaan yang harus diperhatikan agar sholat kita sah dan diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan sholat 5 waktu beserta gambarnya.

Sholat Subuh

Takbiratul Ihram

Setelah berdiri tegak menghadap kiblat, kita mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga sambil mengucapkan "Allahu Akbar".

Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, kita membaca doa iftitah dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga. Doa iftitah adalah sebagai berikut:

"Subhanaka Allahumma wa bihamdika, wa tabarakasmuka wa ta'ala jadduka wa la ilaha ghairuka."

Al-Fatihah

Setelah doa iftitah, kita membaca surat Al-Fatihah. Surat ini adalah surat pembuka dalam Al-Qur'an.

Surat Pendek

Setelah membaca Al-Fatihah, kita membaca surat pendek dari Al-Qur'an, seperti surat An-Naas atau Al-Ikhlas.

Rukuk

Setelah membaca surat pendek, kita melakukan rukuk dengan meletakkan kedua tangan di atas lutut sambil membaca "Subhanallah Rabbiyal 'Azim".

Sujud

Setelah rukuk, kita melakukan sujud dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung jari kaki di atas lantai sambil membaca "Subhanallah Rabbiyal 'Ala".

Tahiyat Awal

Setelah sujud, kita duduk dengan posisi kaki kanan ditekuk dan kaki kiri ditegakkan. Kita membaca tahiyat awal sebagai berikut:

"At-tahiyyatu lillahi was-shalawatu wat-tayyibat, as-salamu 'alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuhu."

Tahiyat Akhir

Setelah membaca tahiyat awal, kita membaca tahiyat akhir sebagai berikut:

"As-salamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh."

Doa Akhir

Setelah membaca tahiyat akhir, kita membaca doa akhir sholat sebagai penutup sholat subuh.

Sholat Dhuha, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya

Berikut ini adalah bacaan sholat 5 waktu yang sama untuk sholat Dhuha, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Perbedaannya hanya pada jumlah rakaat yang dilakukan. Sholat Dhuha dilakukan 2 rakaat, sholat Dzuhur 4 rakaat, sholat Ashar 4 rakaat, sholat Maghrib 3 rakaat, dan sholat Isya 4 rakaat.

Bacaan-bacaan sholat tersebut sama dengan bacaan sholat subuh. Hanya perlu diperhatikan pada tahap rukuk, sujud, dan tahiyat awal. Selain itu, doa akhir sholat juga sama untuk semua sholat 5 waktu.

Demikianlah bacaan sholat 5 waktu beserta gambarnya. Semoga dengan memahami bacaan-bacaan ini, kita dapat melaksanakan sholat dengan baik dan khusyuk. Mari tingkatkan kualitas ibadah kita agar mendapatkan ridha Allah SWT. Aamiin.

close