Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat 5 Waktu Dari Niat Sampai Salam

Niat Sholat 5 Waktu Latin Homecare24

Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Sholat menjadi ibadah yang penting karena merupakan sarana untuk berkomunikasi langsung dengan Allah SWT. Salah satu jenis sholat yang wajib dilakukan adalah sholat 5 waktu. Dalam sholat 5 waktu terdapat bacaan-bacaan yang harus diucapkan oleh seorang muslim dari niat hingga salam.

1. Niat Sholat

Niat sholat merupakan langkah awal dalam menjalankan sholat. Niat sholat haruslah dilakukan dalam hati, tidak perlu diucapkan secara lisan. Niat sholat terbagi menjadi dua bagian, yaitu niat sholat secara umum dan niat sholat secara khusus. Niat sholat secara umum dilakukan dengan niat dalam hati untuk melaksanakan sholat wajib sesuai dengan waktu yang ditentukan. Sedangkan niat sholat secara khusus dilakukan dengan menyebutkan jenis sholat yang akan dilaksanakan, misalnya sholat fardhu zuhur.

Contoh Niat Sholat Fardhu Zuhur:

"Aku niat sholat fardhu zuhur, empat rakaat karena Allah Ta'ala."

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram adalah takbir pertama yang dilakukan setelah niat sholat. Takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu mengucapkan "Allahu Akbar". Setelah takbiratul ihram, mulailah sholat dengan membaca doa iftitah.

3. Rukun Sholat

Setelah takbiratul ihram, dilanjutkan dengan rukun sholat. Rukun sholat terdiri dari beberapa gerakan, yaitu rukun berdiri, rukun rukuk, rukun i'tidal, rukun sujud, dan rukun duduk di antara dua sujud. Setiap gerakan rukun sholat memiliki bacaan-bacaan tertentu yang harus diucapkan oleh seorang muslim.

4. Doa Qunut (Hanya pada Sholat Subuh)

Pada sholat subuh terdapat doa qunut yang dilakukan setelah rukuk kedua. Doa qunut adalah doa yang bersifat sunnah muakkad yang dilakukan dengan berdoa di antara rukuk dan sujud. Doa qunut bisa diucapkan dengan doa qunut Nazilah atau doa qunut Witr sesuai dengan kebiasaan masing-masing.

5. Tasyahud

Tasyahud dilakukan setelah rakaat terakhir sebelum salam. Tasyahud terdiri dari beberapa bacaan, yaitu tasyahud awal, tasyahud tengah, dan tasyahud akhir. Tasyahud awal diucapkan dengan duduk tawaruk, sedangkan tasyahud tengah dan akhir diucapkan dengan duduk iftirasy.

6. Salam

Setelah tasyahud akhir, sholat diakhiri dengan salam. Salam dilakukan dengan mengucapkan salam sebanyak dua kali, yaitu salam ke kanan dan salam ke kiri. Salam merupakan tanda bahwa sholat telah selesai dilaksanakan.

Itulah beberapa bacaan sholat 5 waktu dari niat sampai salam. Dalam menjalankan sholat, penting bagi setiap muslim untuk memahami dan mengamalkan bacaan-bacaan sholat dengan baik dan benar. Dengan memahami dan mengamalkan bacaan-bacaan sholat, diharapkan sholat yang dilakukan menjadi lebih khushu' dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

close