Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat Maghrib Lengkap

Tata Cara Sholat Maghrib Bacaan Sholat Maghrib Lengkap (Bacaan Sholat

Bagi umat Islam, sholat merupakan salah satu ibadah yang harus dilaksanakan lima kali sehari. Salah satu sholat yang wajib dilakukan adalah sholat Maghrib. Sholat Maghrib dilakukan setelah matahari terbenam dan sebelum masuk waktu Isya. Berikut ini adalah bacaan sholat Maghrib lengkap.

Niat Sholat Maghrib

Niat sholat Maghrib dilakukan dalam hati sebelum memulai sholat. Niat sholat Maghrib adalah sebagai berikut:

"Aku niat sholat Maghrib dua rakaat, karena Allah Ta'ala."

Takbiratul Ihram

Setelah niat, kita memulai sholat Maghrib dengan takbiratul ihram. Takbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan "Allahu Akbar".

Surat Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, kita membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Qur'an.

Bacaan Surat Pendek di Rakaat Pertama

Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita membaca surat pendek di rakaat pertama. Surat-surat pendek yang bisa dibaca antara lain:

- Surat Al-Ikhlas

- Surat Al-Kafirun

- Surat An-Nasr

- Surat Al-Lahab

Rukuk dan I'tidal

Setelah membaca surat pendek di rakaat pertama, kita melakukan rukuk. Rukuk dilakukan dengan membungkukkan badan hingga tangan menyentuh lutut. Setelah itu, kita kembali ke posisi tegak dengan sempurna, yang disebut dengan i'tidal.

Bacaan Surat Pendek di Rakaat Kedua

Setelah melakukan i'tidal, kita membaca surat pendek di rakaat kedua. Surat-surat pendek yang bisa dibaca sama seperti pada rakaat pertama.

Sujud

Setelah membaca surat pendek di rakaat kedua, kita melakukan sujud. Sujud dilakukan dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di lantai.

Tasyahud Akhir

Setelah sujud, kita duduk dengan posisi tasyahud akhir. Pada posisi ini, kita membaca tasyahud akhir yang meliputi bacaan "At-Tahiyyat", "Ash-Shalawat Ibrahimiyah", dan doa untuk diri sendiri atau umat Islam.

Salam

Setelah membaca tasyahud akhir, kita memberikan salam ke kanan dan kiri dengan mengucapkan "Assalamu'alaikum wa rahmatullah". Dengan memberikan salam, sholat Maghrib kita sudah selesai.

close