Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat Mayit

Doa Bacaan Shalat Mayit Sesuai Sunah Lengkap Blog Ilmu Pengetahuan

Pendahuluan

Setelah seseorang meninggal dunia, salah satu kewajiban umat Muslim adalah melaksanakan sholat mayit. Sholat mayit adalah sholat jenazah yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada orang yang telah meninggal. Dalam sholat mayit, terdapat bacaan-bacaan yang harus dibaca oleh jamaah yang melaksanakannya. Berikut ini adalah bacaan sholat mayit yang perlu diketahui.

Bacaan Takbir

Setelah menghadapkan kiblat, kita memulai sholat mayit dengan membaca takbir. Takbir ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, kemudian membaca “Allahu Akbar”.

Bacaan Doa Iftitah

Setelah membaca takbir, kita melanjutkan dengan membaca doa iftitah. Doa ini merupakan permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam melaksanakan sholat mayit. Doa iftitah dapat dibaca dengan tartil dan khushu’.

Bacaan Surat Al-Fatihah

Setelah membaca doa iftitah, kita melanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah merupakan surat pembuka dalam Al-Qur'an yang memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri.

Bacaan Doa Selawat

Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita membaca doa selawat. Doa selawat ini adalah bentuk pujian dan salam kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam doa selawat, kita memohon kepada Allah SWT agar memberikan rahmat, keberkahan, dan maghfirah kepada Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Surat Al-Ikhlas

Setelah membaca doa selawat, kita melanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas. Surat Al-Ikhlas adalah surat yang menyatakan keesaan Allah SWT dan keabsahan risalah Nabi Muhammad SAW. Membaca surat Al-Ikhlas dalam sholat mayit memiliki keutamaan tersendiri.

Bacaan Doa Tahlil

Setelah membaca surat Al-Ikhlas, kita membaca doa tahlil. Doa tahlil ini adalah doa untuk orang yang telah meninggal dunia. Dalam doa tahlil, kita memohon kepada Allah SWT agar mengampuni segala dosa dan kesalahan yang dilakukan oleh orang yang telah meninggal.

Bacaan Doa Ta’ziyah

Setelah membaca doa tahlil, kita melanjutkan dengan membaca doa ta'ziyah. Doa ta'ziyah ini adalah doa untuk memberikan penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan. Dalam doa ta'ziyah, kita memohon kepada Allah SWT agar memberikan ketabahan dan kesabaran kepada keluarga yang ditinggalkan.

Bacaan Doa Kedua

Setelah membaca doa ta'ziyah, kita membaca doa kedua. Doa ini adalah doa umum yang berisi permohonan kepada Allah SWT agar memberikan rahmat dan maghfirah kepada orang yang telah meninggal dunia.

Bacaan Salam

Setelah membaca doa kedua, kita mengakhiri sholat mayit dengan membaca salam. Salam ini dilakukan dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri, kemudian membaca salam dengan ucapan “Assalamu'alaikum warahmatullah”.

Kesimpulan

Bacaan sholat mayit merupakan bacaan yang harus diketahui dan dipahami oleh umat Muslim. Dalam sholat mayit, terdapat bacaan takbir, doa iftitah, surat Al-Fatihah, doa selawat, surat Al-Ikhlas, doa tahlil, doa ta'ziyah, doa kedua, dan salam. Dengan memahami bacaan-bacaan ini, kita dapat melaksanakan sholat mayit dengan baik dan benar.

close