Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Tahiyat Awal Dan Akhir Yang Shahih

Bacaan Tahiyat Awal Dan Akhir Yang Betul Rumi Carter IMAGESEE
Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir yang Shahih

Tahiyat awal dan akhir adalah bagian dari shalat yang harus dibaca oleh setiap Muslim saat duduk di antara dua sujud. Bacaan ini memiliki makna yang dalam dan penting untuk dipahami agar shalat kita sah dan diterima oleh Allah SWT.

Tahiyat Awal

Tahiyat awal dimulai dengan duduk tasyahhud awal setelah selesai rukuk kedua. Posisi duduk ini dilakukan dengan cara meletakkan kedua lutut di atas lantai dan mengangkat tumit. Kemudian, letakkan tangan kanan di atas paha kanan dan tangan kiri di atas paha kiri.

Bacaan Tahiyat Awal yang Shahih

Setelah berada dalam posisi duduk tasyahhud awal, bacalah bacaan berikut:

"At-Tahiyyatu lillahi was shalawaatu wattayyibaat. Assalamu 'alaika ayyuhan Nabiyyu warahmatullahi wabarakaatuh. Assalamu 'alaina wa 'ala ibadillahish shaliheen. Ashhadu an laa ilaaha illallah wa ashhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuluh."

Artinya:

"Segala penghormatan, kebaikan, dan ibadah hanyalah milik Allah. Semoga keselamatan dilimpahkan kepada Nabi Muhammad dan rahmat serta berkah Allah. Semoga keselamatan juga dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya."

Tahiyat Akhir

Tahiyat akhir dilakukan setelah salam dan sebelum bangkit dari posisi duduk terakhir dalam shalat. Pada tahap ini, kita juga membaca doa dan dzikir sebagai penutup shalat sebelum berdiri.

Bacaan Tahiyat Akhir yang Shahih

Setelah salam, bacalah bacaan berikut:

"Astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah. Allahumma antas salam wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram."

Artinya:

"Aku memohon ampunan kepada Allah, aku memohon ampunan kepada Allah, aku memohon ampunan kepada Allah. Ya Allah, Engkau Maha Sejahtera dan dari-Mu tercipta segala kedamaian. Maha Suci Engkau, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Demikianlah bacaan tahiyat awal dan akhir yang shahih dalam shalat. Semoga kita senantiasa dapat melaksanakan shalat dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Dengan memahami makna bacaan ini, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

close