Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bacaan Al-Qamariyah

Detail Contoh Bacaan Al Qamariyah Dan Al Syamsiah Koleksi Nomer 32

Apa itu Bacaan Al-Qamariyah?

Bacaan Al-Qamariyah adalah salah satu jenis bacaan dalam ilmu Tajwid yang berkaitan dengan cara membaca huruf-huruf alif (ا) dan waw (و) yang bertanda kasrah (ـِ) di depan huruf hijaiyah yang berbaris pada kategori huruf-huruf al-Qamariyah.

Huruf-huruf Al-Qamariyah

Ada beberapa huruf yang termasuk dalam kategori al-Qamariyah, yaitu:

1. ح (Ha)

2. خ (Kha)

3. غ (Ghain)

4. ه (Ha)

5. ع ('Ain)

6. ط (Tha)

7. ظ (Dzal)

8. ص (Shad)

9. ق (Qaf)

Cara Membaca Bacaan Al-Qamariyah

Untuk membaca bacaan al-Qamariyah, kita harus memperhatikan cara membaca huruf-huruf alif (ا) dan waw (و) yang bertanda kasrah (ـِ) di depan huruf hijaiyah al-Qamariyah.

Contoh bacaan al-Qamariyah:

1. اِخْتَارَ

2. غَارِبٌ

3. نِسَاءٌ

4. عَلَيْهِ

5. طَالِبَةٌ

6. ظَالِمٌ

7. صَابِرٌ

8. قَلَمٌ

Cara melafalkan huruf al-Qamariyah

Dalam melafalkan huruf-huruf al-Qamariyah, kita harus mengeluarkan suara dengan memperhatikan tajwid yang benar. Misalnya, huruf "ح" dilafalkan dengan membuka tenggorokan sedikit dan mengeluarkan suara yang dalam.

Manfaat Memahami Bacaan Al-Qamariyah

Mempelajari dan memahami bacaan al-Qamariyah sangat penting dalam memperbaiki bacaan Al-Qur'an. Dengan memahami cara membaca huruf-huruf al-Qamariyah secara benar, kita dapat meningkatkan kualitas bacaan kita dan menghormati kaidah-kaidah ilmu tajwid.

Keindahan Bacaan Al-Qamariyah

Bacaan al-Qamariyah memiliki keindahan tersendiri ketika dilafalkan dengan baik dan benar. Bacaan yang melibatkan huruf-huruf al-Qamariyah ini dapat menambah keharmonisan bacaan Al-Qur'an dan memberikan kesan yang menyenangkan bagi pendengarnya.

Kesimpulan

Bacaan al-Qamariyah adalah salah satu jenis bacaan dalam ilmu Tajwid yang berkaitan dengan cara membaca huruf-huruf alif (ا) dan waw (و) yang bertanda kasrah (ـِ) di depan huruf hijaiyah al-Qamariyah. Memahami dan menguasai bacaan al-Qamariyah sangat penting dalam memperbaiki bacaan Al-Qur'an dan meningkatkan kualitas bacaan kita secara keseluruhan.

close