Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Himpunan Bilangan Bulat

Pengertian dan Contoh Bilangan Bulat Matematika Kelas 7
Himpunan Bilangan Bulat

Pengertian Himpunan Bilangan Bulat

Himpunan bilangan bulat merupakan kumpulan bilangan yang terdiri dari bilangan positif, negatif, dan nol. Himpunan ini umumnya dilambangkan dengan simbol Z.

Bilangan Positif

Bilangan positif adalah bilangan yang nilainya lebih besar dari nol. Contohnya adalah 1, 2, 3, dan seterusnya. Himpunan bilangan positif dapat dilambangkan dengan Z+.

Bilangan Negatif

Bilangan negatif adalah bilangan yang nilainya lebih kecil dari nol. Contohnya adalah -1, -2, -3, dan seterusnya. Himpunan bilangan negatif dapat dilambangkan dengan Z-.

Bilangan Nol

Bilangan nol adalah bilangan yang nilainya sama dengan nol. Himpunan bilangan nol dapat dilambangkan dengan Z0.

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Penjumlahan bilangan bulat dilakukan dengan menjumlahkan bilangan-bilangan tersebut. Misalnya, 2 + (-3) = -1. Pengurangan dilakukan dengan mengurangi bilangan-bilangan tersebut. Misalnya, 5 - 3 = 2.

Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat

Perkalian bilangan bulat dilakukan dengan mengalikan bilangan-bilangan tersebut. Misalnya, (-4) x 3 = -12. Pembagian dilakukan dengan membagi bilangan-bilangan tersebut. Misalnya, 8 / (-2) = -4.

Contoh Soal Himpunan Bilangan Bulat

1. Tentukan hasil dari (-6) + 4.

2. Hitung 3 x (-2).

3. Jika a = -5 dan b = 2, berapakah nilai dari a - b?

Jawaban

1. (-6) + 4 = -2.

2. 3 x (-2) = -6.

3. a - b = (-5) - 2 = -7.

Kesimpulan

Himpunan bilangan bulat terdiri dari bilangan positif, negatif, dan nol. Penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat dapat dilakukan sesuai dengan aturan matematika yang berlaku.

close