Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pada Waktu Melaksanakan Salat Tasbih Jumlah Seluruh Bacaan Tasbih Adalah

How to perform Salatul Tasbih, Tasbeeh (Prayer of YouTube

Pengertian Salat Tasbih

Salat Tasbih adalah salah satu jenis salat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Salat ini memiliki keistimewaan karena mengandung banyak tasbih atau tahmid yang akan membantu kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT dan memohon ampunan-Nya.

Cara Melaksanakan Salat Tasbih

Untuk melaksanakan Salat Tasbih, kita harus melakukan empat rakaat salat dengan cara yang sedikit berbeda dari salat pada umumnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Rakaat Pertama

Pada rakaat pertama, kita membaca takbiratul ihram seperti biasa. Setelah itu, kita membaca Surah Al-Fatihah diikuti dengan membaca tasbih sebanyak 15 kali sebelum rukuk.

2. Rukuk dan Sujud

Setelah membaca tasbih sebanyak 15 kali, kita melakukan rukuk seperti dalam salat biasa. Kemudian, setelah rukuk kita melakukan dua kali sujud dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali di setiap sujudnya.

3. Rakaat Kedua

Pada rakaat kedua, kita melakukan seperti langkah-langkah pada rakaat pertama. Namun, kali ini setelah rukuk dan dua sujud, kita membaca tasbih sebanyak 10 kali sebelum sujud kedua.

4. Rakaat Ketiga dan Keempat

Pada rakaat ketiga dan keempat, kita melakukan seperti langkah-langkah pada rakaat kedua. Setelah rakaat keempat selesai, kita melakukan tahiyat akhir dan salam seperti pada salat biasa.

Jumlah Seluruh Bacaan Tasbih

Seiring dengan pertanyaan yang diajukan, jumlah seluruh bacaan tasbih pada Salat Tasbih adalah sebanyak 300 kali. Jumlah ini terbagi dalam empat rakaat dengan perhitungan sebagai berikut:

1. Rakaat Pertama

- Sebelum rukuk: Tasbih 15 kali

- Setelah sujud: Tasbih 10 kali x 2 sujud = 20 kali

2. Rakaat Kedua

- Sebelum rukuk: Tasbih 15 kali

- Setelah sujud: Tasbih 10 kali x 2 sujud = 20 kali

3. Rakaat Ketiga

- Sebelum rukuk: Tasbih 15 kali

- Setelah sujud: Tasbih 10 kali x 2 sujud = 20 kali

4. Rakaat Keempat

- Sebelum rukuk: Tasbih 15 kali

- Setelah sujud: Tasbih 10 kali x 2 sujud = 20 kali

Jadi, total jumlah bacaan tasbih pada Salat Tasbih adalah 15 + 20 + 15 + 20 + 15 + 20 + 15 + 20 = 140 tasbih. Dan karena Salat Tasbih dilakukan selama empat rakaat, maka jumlah seluruh bacaan tasbih adalah 140 x 4 = 560 tasbih.

Keutamaan Melaksanakan Salat Tasbih

Salat Tasbih memiliki keutamaan yang sangat besar. Diantaranya adalah:

- Memperoleh ampunan dari Allah SWT.

- Menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan.

- Mendekatkan diri kepada Allah SWT.

- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

- Memberikan ketenangan dan kedamaian jiwa.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk melaksanakan Salat Tasbih secara rutin. Dengan melakukan salat ini, kita bisa mendapatkan banyak manfaat serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai Salat Tasbih. Amiin.

close