Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Musik Dari Sumatera Utara

Nama Gambar Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Utara
Alat Musik dari Sumatera Utara

Pengantar

Sumatera Utara, salah satu provinsi di Indonesia, memiliki kekayaan budaya yang kaya akan seni dan musik tradisional. Alat musik tradisional dari Sumatera Utara sangat beragam dan memiliki ciri khas masing-masing. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa alat musik tradisional dari Sumatera Utara yang menarik untuk diketahui.

Gondang Sabangunan

Gondang Sabangunan merupakan alat musik pukul yang berasal dari suku Batak Toba. Alat musik ini terdiri dari sejumlah tabuh atau gendang yang ditaruh di atas sebuah rak kayu. Setiap gendang memiliki suara yang berbeda dan digunakan untuk memainkan ritme yang kompleks.

Hasapi

Hasapi adalah alat musik dawai yang berasal dari suku Batak Karo. Alat musik ini terbuat dari kayu dengan senar yang terbuat dari rambut kuda atau daging ikan. Hasapi dimainkan dengan cara dipetik dan sering digunakan dalam berbagai upacara adat suku Batak Karo.

Sarune

Sarune adalah alat musik tiup tradisional dari suku Mandailing. Alat musik ini terbuat dari bambu dengan beberapa lubang yang digunakan untuk menghasilkan suara. Sarune dimainkan dengan cara meniup lubang-lubangnya dan biasanya digunakan dalam pertunjukan musik tradisional Mandailing.

Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari suku Batak. Alat musik ini terbuat dari bambu dengan beberapa tabung yang menghasilkan suara saat digoyangkan. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan dan sering digunakan dalam berbagai acara adat suku Batak.

Mandau

Mandau adalah alat musik tradisional yang berasal dari suku Dayak Toba. Alat musik ini terbuat dari kayu dengan bilah tajam di salah satu ujungnya. Mandau dimainkan dengan cara dipukul dan biasanya digunakan dalam upacara adat suku Dayak Toba.

Gondang Hasapi

Gondang Hasapi adalah alat musik tradisional yang berasal dari suku Batak Angkola. Alat musik ini terdiri dari beberapa tabuh atau gendang yang ditaruh di atas rak kayu dan sejumlah dawai yang digunakan untuk menghasilkan suara. Gondang Hasapi dimainkan dengan cara dipetik dan dipukul.

Seruling Bambu

Seruling Bambu adalah alat musik tiup tradisional yang berasal dari suku Simalungun. Alat musik ini terbuat dari bambu dengan beberapa lubang yang digunakan untuk menghasilkan suara. Seruling Bambu dimainkan dengan cara meniup lubang-lubangnya dan sering digunakan dalam pertunjukan musik tradisional suku Simalungun.

Tambur

Tambur adalah alat musik pukul tradisional yang berasal dari suku Batak Pakpak. Alat musik ini terbuat dari kayu dengan dua hingga tiga bilah yang digunakan untuk memainkan ritme. Tambur dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik dan biasanya digunakan dalam pertunjukan musik tradisional suku Batak Pakpak.

Suling

Suling adalah alat musik tiup tradisional yang berasal dari suku Karo. Alat musik ini terbuat dari bambu dengan beberapa lubang yang digunakan untuk menghasilkan suara. Suling dimainkan dengan cara meniup lubang-lubangnya dan sering digunakan dalam berbagai acara adat suku Karo.

Kompor

Kompor adalah alat musik pukul tradisional yang berasal dari suku Toba. Alat musik ini terbuat dari kayu dengan dua hingga tiga bilah yang digunakan untuk memainkan ritme. Kompor dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik dan biasanya digunakan dalam pertunjukan musik tradisional suku Batak Toba.

close