Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Antisiklonik Menurut Kbbi


Pengertian Antisiklonik

Antisiklonik adalah sebuah istilah dalam meteorologi yang merujuk pada keadaan atau sifat dari suatu siklon yang berlawanan dengan siklonik. Siklonik sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena cuaca yang terjadi di sekitar pusat tekanan rendah dan berputar searah jarum jam di belahan bumi utara serta berlawanan jarum jam di belahan bumi selatan.

Jadi, jika suatu siklonik berarti berputar searah jarum jam di belahan bumi utara atau berlawanan jarum jam di belahan bumi selatan, maka antisiklonik berarti berputar berlawanan dengan itu. Antisiklonik terjadi di sekitar pusat tekanan tinggi dan berputar berlawanan dengan siklonik, yaitu berlawanan jarum jam di belahan bumi utara dan searah jarum jam di belahan bumi selatan.

Contoh Penggunaan Antisiklonik dalam Kalimat

1. Cuaca di Jakarta saat ini sedang bersifat antisiklonik, sehingga cuaca cerah dan tidak ada hujan.

2. Pada musim kemarau, biasanya terdapat pola antisiklonik yang menyebabkan cuaca panas dan kering di beberapa daerah.

3. Antisiklonik dapat mempengaruhi kondisi perairan, seperti menimbulkan gelombang laut yang tenang dan tidak terlalu tinggi.

Antonim Antisiklonik

Antonim dari antisiklonik adalah siklonik. Siklonik merujuk pada keadaan atau sifat siklon yang berputar searah jarum jam di belahan bumi utara atau berlawanan jarum jam di belahan bumi selatan.

Sinonim Antisiklonik

Tidak terdapat sinonim yang spesifik untuk antisiklonik dalam KBBI. Namun, dapat dikatakan bahwa keadaan atau sifat yang berlawanan dengan siklonik dapat juga disebut sebagai antisiklonik.


close