Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Bilal Idul Adha

Tata Cara dan Bacaan Bilal Salat Idul Adha NU Trenggalek
Article - Bacaan Bilal Idul Adha

Pengertian Idul Adha

Idul Adha adalah salah satu hari raya besar umat Islam yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pada hari ini, umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah kurban sebagai bentuk penghormatan terhadap Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan anaknya, Ismail, atas perintah Allah SWT. Selain melaksanakan kurban, terdapat juga beberapa bacaan bilal yang dilakukan saat perayaan Idul Adha.

Bacaan Takbir Idul Adha

Bacaan Takbir pada Hari Raya Idul Adha

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, laa ilaaha illa Allah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahi al-hamd.

Bacaan Takbir pada Waktu-waktu Tertentu

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, laa ilaaha illa Allah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahi al-hamd.

Bacaan Bilal Idul Adha

Bacaan bilal Idul Adha dilakukan setelah melaksanakan salat Id di hari raya tersebut. Berikut ini adalah bacaan bilal Idul Adha yang biasa dilakukan:

"أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله. اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم، إنك حميد مجيد. اللهم بارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم، إنك حميد مجيد."

Arti Bacaan Bilal Idul Adha

Bacaan bilal Idul Adha memiliki arti sebagai berikut:

"Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, berikanlah rahmat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji, Maha Mulia. Ya Allah, berikanlah berkah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji, Maha Mulia."

Kesimpulan

Bacaan bilal Idul Adha merupakan salah satu tradisi yang dilakukan setelah melaksanakan salat Idul Adha. Dalam bacaan tersebut, umat Muslim mengucapkan kesaksian atas keesaan Allah dan memohon rahmat serta berkah untuk Nabi Muhammad dan keluarganya. Semoga kita selalu dapat menjalankan ibadah dengan baik dan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Aamiin.

close