Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat Magrib Yang Benar Dan Bermanfaat

Tata Cara Sholat Magrib Lengkap dengan Bacaan dan Artinya Rujukan Muslim

Pengantar

Sholat Magrib merupakan salah satu ibadah yang penting bagi umat Muslim. Sholat ini dilaksanakan setelah matahari terbenam dan merupakan salah satu dari lima waktu sholat yang wajib dilakukan. Dalam artikel ini, kita akan membahas bacaan sholat Magrib yang benar dan bermanfaat.

Bacaan Niat Sholat Magrib

Bacaan niat sholat Magrib adalah sebagai berikut:

"Ushalli sunnatal maghribi rak'ataini lillahi ta'ala."

Artinya: "Aku niat sholat sunnah Magrib dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Bacaan Takbiratul Ihram

Setelah membaca niat, kita kemudian melanjutkan dengan bacaan takbiratul ihram, yaitu:

"Allahu Akbar."

Artinya: "Allah Maha Besar."

Bacaan Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, kita membaca surat Al-Fatihah. Surat ini merupakan surat pembuka dalam Al-Qur'an dan wajib dibaca dalam setiap rakaat sholat. Bacaan Al-Fatihah adalah:

"Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil 'alamin. Ar-Rahmanirrahim. Maliki yawmid-din. Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in. Ihdinas siraatal mustaqim. Siraatal ladzina an'amta 'alaihim. Ghairil maghdubi 'alaihim wa lad-dhallin. Amin."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat."

Bacaan Surat Pendek Setelah Al-Fatihah

Setelah membaca Al-Fatihah, kita bisa melanjutkan dengan membaca surat pendek seperti:

- Surat Al-Ikhlas:

"Qul huwallahu ahad. Allahus samad. Lam yalid wa lam yulad. Wa lam yakullahu kufuwan ahad."

Artinya: "Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah tempat meminta segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia."

- Surat Al-Falaq:

"Qul a'udzu bi rabbil falaq. Min syarri ma khalaq. Wa min syarri ghasiqin idza waqab. Wa min syarrin-nafathati fil 'uqad. Wa min syarri hasidin idza hasad."

Artinya: "Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai subuh. Dari kejahatan makhluk-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup pada buhul-buhul. Dan dari kejahatan orang yang dengki bila ia dengki."

- Surat An-Nas:

"Qul a'udzu bi Rabbil nas. Malikin nas. Ilahin nas. Min syarril waswasil khannas. Alladzi yuwaswisu fi sudurin nas. Minal jinnati wan nas."

Artinya: "Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. Dari jin dan manusia."

Rukuk dan Sujud

Setelah membaca surat pendek, kita melanjutkan dengan melakukan rukuk dan sujud. Selama rukuk, kita membaca:

"Subhanallah rabbiyal 'azhim."

Artinya: "Maha suci Allah, Tuhan Yang Maha Agung."

Sedangkan saat sujud, kita membaca:

"Subhanallah rabbiyal a'la."

Artinya: "Maha suci Allah, Tuhan Yang Maha Tinggi."

Bacaan Tasyahhud

Setelah selesai sujud kedua, kita duduk tasyahhud. Bacaan tasyahhud adalah:

"At-tahiyyatu lillahi was-shalawatu wat-tayyibat. As-salamu 'alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. As-salamu 'alaina wa 'ala 'ibadillahish-shalihin. Ashhadu an la ilaha illallah wa ashhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuluh."

Artinya: "Segala penghormatan, keshalihan, dan kebaikan hanya bagi Allah. Salam sejahtera atasmu, wahai Nabi, dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya. Salam sejahtera atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya."

Doa Setelah Tasyahhud

Setelah tasyahhud, kita bisa melanjutkan dengan membaca doa seperti:

"Allahumma sholli 'ala Muhammad, wa 'ala ali Muhammad, kama shollaita 'ala Ibrahim, wa 'ala ali Ibrahim, innaka Hamidun Majid. Allahumma barik 'ala Muhammad, wa 'ala ali Muhammad, kama barakta 'ala Ibrahim, wa 'ala ali Ibrahim, innaka Hamidun Majid."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau limpahkan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berkahilah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau memberkahi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

Salam dan Selawat

Setelah membaca doa, kita mengakhiri sholat Magrib dengan salam. Salam yang dilakukan adalah:

"Assalamu 'alaikum wa rahmatullah."

Artinya: "Semoga keselamatan dan rahmat Allah tercurah kepada kalian."

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membaca selawat setelah salam, yaitu:

"Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad, kama sholaita 'ala Ibrahim wa 'ala ali Ibrahim, innaka Hamidun Majid."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau limpahkan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

Kesimpulan

Demikianlah bacaan sholat Magrib yang benar dan bermanfaat. Dengan mempelajari bacaan ini, kita dapat melaksanakan sholat Magrib dengan baik dan khusyuk. Semoga kita selalu diberikan kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan sholat sesuai dengan tuntunan agama.

close