Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan Masa Mesozoikum

Pengertian dan Ciri Zaman Mesozoikum Idsejarah

Pada era Mesozoikum yang terjadi sekitar 252 hingga 66 juta tahun yang lalu, bumi dihuni oleh berbagai jenis hewan yang sangat menarik. Era ini dikenal sebagai era dinosaurus karena keberadaan dinosaurus yang mendominasi ekosistem darat. Namun, selain dinosaurus, masih ada banyak hewan lain yang hidup pada masa tersebut. Berikut ini beberapa hewan yang hidup pada masa Mesozoikum.

Dinosaurus

Dinosaurus adalah kelompok reptil yang mendominasi ekosistem darat pada era Mesozoikum. Mereka memiliki berbagai ukuran dan bentuk tubuh, mulai dari dinosaurus yang kecil seperti Compsognathus hingga dinosaurus raksasa seperti Brachiosaurus dan Tyrannosaurus rex. Dinosaurus adalah hewan bertulang belakang yang hidup di darat dan memiliki ciri khas seperti kaki yang kuat dan cakar yang tajam.

Pterosaurus

Pterosaurus adalah kelompok hewan terbang yang hidup pada masa Mesozoikum. Mereka merupakan reptil terbang yang memiliki sayap yang terbuat dari kulit dan otot yang menjulang dari jari-jari mereka. Pterosaurus memiliki berbagai ukuran, mulai dari yang kecil seperti anjing hingga yang besar seperti pesawat terbang. Mereka merupakan predator yang kuat dan mampu terbang dengan kecepatan tinggi.

Ikan Purba

Selain dinosaurus dan pterosaurus, pada masa Mesozoikum juga terdapat berbagai jenis ikan purba. Salah satu contohnya adalah ikan Coelacanth, yang hidup sampai sekarang meskipun jumlahnya sangat sedikit. Ikan Coelacanth memiliki ciri khas seperti sirip yang mirip dengan kaki dan memiliki kemampuan untuk berjalan di dasar laut. Ikan purba lainnya adalah ikan Hidraulikus, yang memiliki gigi tajam dan tubuh yang ramping.

Amfibi dan Reptil Lainnya

Selain dinosaurus, pterosaurus, dan ikan purba, pada masa Mesozoikum juga terdapat berbagai jenis amfibi dan reptil lainnya. Contohnya adalah kura-kura purba yang memiliki cangkang keras untuk melindungi diri mereka dari predator. Ada juga kadal purba yang hidup di darat dan air, seperti kadal Mosasaurus yang merupakan predator laut yang kuat.

Burung Purba

Meskipun dinosaurus adalah kelompok hewan yang dominan pada masa Mesozoikum, burung juga sudah mulai muncul pada masa tersebut. Burung purba seperti Archaeopteryx memiliki ciri khas seperti sayap dan bulu, meskipun mereka belum dapat terbang sepenuhnya seperti burung modern. Burung purba merupakan predator yang menggunakan sayapnya untuk melompat dan terbang dalam jarak pendek.

Penutup

Pada masa Mesozoikum, bumi dihuni oleh berbagai jenis hewan yang menarik. Dinosaurus mendominasi ekosistem darat, sementara pterosaurus mendominasi langit. Ikan-ikan purba dan reptil lainnya juga hidup pada masa tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa hewan punah dan digantikan oleh spesies yang baru. Mesozoikum merupakan era yang menarik untuk dipelajari karena keberagaman hewan-hewan yang hidup pada masa tersebut.

close