Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Bapanda Menurut Kbbi


Pengertian Bapanda

Bapanda adalah salah satu kata dalam bahasa Indonesia yang mungkin tidak terlalu sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Namun, kata ini memiliki makna yang menarik dan unik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dapat diakses melalui situs web https://kbbi.web.id, bapanda memiliki arti sebagai berikut:

1. Orang tua yang mempunyai anak kembar

Jadi, bapanda adalah orang tua yang memiliki anak kembar. Baik itu anak kembar identik atau anak kembar fraternal. Kata "bapanda" digunakan untuk menggambarkan orang tua dari anak kembar.

2. Dua anak kembar yang dinamai dengan satu nama

Selain itu, bapanda juga dapat merujuk pada dua anak kembar yang diberi nama yang sama. Biasanya, anak kembar identik yang memiliki penampilan yang sangat mirip akan diberi nama yang sama, sehingga mereka bisa disebut sebagai bapanda.

Contoh Penggunaan Bapanda dalam Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan kata "bapanda" dalam kalimat, berikut ini beberapa contohnya:

1. Saat pesta ulang tahun anak kembar itu, bapanda mereka sangat bangga melihat kebersamaan anak-anak mereka.

2. Bapanda kembar identik ini sering membuat orang bingung karena sulit membedakan satu dengan yang lain.

3. Anak kembar fraternal mereka diberi nama yang sama, sehingga mereka sering dipanggil bapanda oleh teman-teman mereka.

Antonim Bapanda

Antonim adalah kata dengan makna yang berlawanan dengan kata yang sedang dibahas. Namun, dalam kasus kata "bapanda", tidak terdapat antonim yang secara khusus merujuk pada makna tersebut. Hal ini karena bapanda adalah kata yang spesifik dan tidak memiliki lawan kata yang berarti secara langsung.

Sinonim Bapanda

Sinonim adalah kata-kata lain yang memiliki makna yang mirip atau sama dengan kata yang sedang dibahas. Berikut beberapa kata yang memiliki sinonim dengan "bapanda":

1. Orang tua kembar

2. Orang tua anak kembar

3. Orang tua dengan anak kembar identik

Jadi, kata-kata di atas dapat digunakan sebagai sinonim dari "bapanda" untuk menggambarkan orang tua dengan anak kembar.


close