Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bilangan: Pengertian Dan Jenis

Jenisjenis Bilangan dalam Matematika
Article about "Bilangan"

Pengertian Bilangan

Bilangan adalah sebuah konsep matematika yang digunakan untuk mewakili jumlah, urutan, atau ukuran suatu objek atau kejadian. Dalam matematika, bilangan digunakan untuk menghitung, mengukur, atau menggambarkan hubungan antara objek atau kejadian.

Jenis-jenis Bilangan

Bilangan Asli

Bilangan asli adalah bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 1. Contoh bilangan asli antara lain 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.

Bilangan Bulat

Bilangan bulat adalah bilangan asli yang juga mencakup bilangan negatif dan bilangan nol. Contoh bilangan bulat antara lain -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, dan seterusnya.

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan adalah bilangan yang dapat ditulis dalam bentuk pecahan, dengan pembilang dan penyebut. Contoh bilangan pecahan antara lain 1/2, 3/4, 5/8, dan seterusnya.

Bilangan Desimal

Bilangan desimal adalah bilangan pecahan yang memiliki angka di belakang koma. Contoh bilangan desimal antara lain 0.5, 1.75, 2.9, dan seterusnya.

Bilangan Prima

Bilangan prima adalah bilangan asli yang hanya memiliki dua faktor, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh bilangan prima antara lain 2, 3, 5, 7, dan seterusnya.

Bilangan Komposit

Bilangan komposit adalah bilangan asli yang memiliki lebih dari dua faktor. Contoh bilangan komposit antara lain 4, 6, 8, 9, dan seterusnya.

Bilangan Genap

Bilangan genap adalah bilangan bulat yang habis dibagi oleh 2. Contoh bilangan genap antara lain -4, -2, 0, 2, dan seterusnya.

Bilangan Ganjil

Bilangan ganjil adalah bilangan bulat yang tidak habis dibagi oleh 2. Contoh bilangan ganjil antara lain -3, -1, 1, 3, dan seterusnya.

Bilangan Fibonacci

Bilangan Fibonacci adalah deret bilangan yang diawali dengan angka 0 dan 1, kemudian setiap angka berikutnya adalah hasil penjumlahan dari dua angka sebelumnya. Contoh bilangan Fibonacci antara lain 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, dan seterusnya.

close