Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambar Alat Musik Tradisional Beserta Namanya Dan Asalnya

35 Alat Musik Tradisional Indonesia Cara Memainkannya Lengkap Riset
Article: Gambar Alat Musik Tradisional Beserta Namanya dan Asalnya

1. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari bambu, angklung menghasilkan bunyi ketika bambu-bambu tersebut digoyangkan. Alat musik ini sering dimainkan dalam upacara adat atau acara kesenian.

2. Gamelan

2.1 Gamelan Jawa

Gamelan Jawa adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa. Terdiri dari berbagai macam instrumen seperti gong, saron, slenthem, bonang, dan lain-lain. Gamelan Jawa sering digunakan dalam pertunjukan wayang kulit atau upacara keagamaan.

2.2 Gamelan Bali

Gamelan Bali adalah alat musik tradisional yang berasal dari Bali. Mirip dengan gamelan Jawa, gamelan Bali juga terdiri dari berbagai instrumen seperti gong, saron, kendang, dan lain-lain. Gamelan Bali sering digunakan dalam pertunjukan tari dan upacara keagamaan di Bali.

3. Suling

Suling adalah alat musik tradisional tiup yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terbuat dari bambu atau kayu, suling menghasilkan bunyi yang indah saat ditiup. Suling sering dimainkan dalam musik tradisional, baik sebagai alat solo maupun pengiring.

4. Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara. Terdiri dari serangkaian papan kayu yang diletakkan di atas tali atau resonator, kolintang menghasilkan bunyi saat dipukul dengan pemukul. Alat musik ini sering dimainkan dalam pertunjukan tari tradisional.

5. Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional petik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terbuat dari kayu dan dawai, rebab menghasilkan bunyi yang merdu saat ditiup. Rebab sering dimainkan dalam pertunjukan musik tradisional, seperti gamelan atau wayang.

6. Kendang

Kendang adalah alat musik tradisional perkusi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terdiri dari dua buah drum yang diletakkan di atas panggung atau tali, kendang menghasilkan bunyi saat dipukul dengan tangan. Alat musik ini sering digunakan dalam musik gamelan dan tari tradisional.

7. Kecapi

Kecapi adalah alat musik tradisional petik yang berasal dari Indonesia. Terbuat dari kayu dan dawai, kecapi menghasilkan bunyi yang lembut saat ditepuk atau disentuh. Kecapi sering dimainkan sebagai alat musik pengiring atau solo dalam musik tradisional.

8. Gong

Gong adalah alat musik tradisional perkusi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terbuat dari logam, gong menghasilkan bunyi yang nyaring saat dipukul dengan pemukul. Gong sering digunakan dalam pertunjukan gamelan dan upacara adat.

9. Seruling

Seruling adalah alat musik tradisional tiup yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terbuat dari kayu atau tulang, seruling menghasilkan bunyi yang melodis saat ditiup. Seruling sering dimainkan sebagai alat musik solo atau pengiring dalam pertunjukan musik tradisional.

10. Bonang

Bonang adalah alat musik tradisional perkusi yang berasal dari Jawa. Terdiri dari sejumlah gong kecil yang diletakkan di atas tali atau resonator, bonang menghasilkan bunyi saat dipukul dengan pemukul. Bonang sering digunakan dalam pertunjukan gamelan Jawa.

close