Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama Alat Musik Dan Cara Memainkannya

Alat Musik Tradisional Beserta Penjelasan dan

Alat Musik Tradisional

Gamelan

Gamelan adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang terdiri dari berbagai macam instrumen seperti gong, kendang, saron, dan lain-lain. Cara memainkannya adalah dengan memukul instrumen-instrumen tersebut menggunakan tongkat atau pengulit.

Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya adalah dengan menggoyangkan bambu sambil menekan bagian bawahnya untuk menghasilkan bunyi yang berbeda-beda.

Alat Musik Modern

Gitar

Gitar merupakan salah satu alat musik yang sangat populer di dunia. Cara memainkannya adalah dengan menekan senar-senar pada leher gitar menggunakan jari-jari tangan, kemudian memetik atau menggesek senar-senar tersebut dengan menggunakan jari atau plektrum.

Piano

Piano adalah alat musik klasik yang memiliki tuts hitam dan putih. Cara memainkannya adalah dengan menekan tuts-tuts tersebut menggunakan jari-jari tangan sehingga menghasilkan bunyi yang berbeda-beda.

Alat Musik Tradisional Daerah

Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional dari Nusa Tenggara Timur yang terbuat dari daun lontar. Cara memainkannya adalah dengan memetik senar-senar pada alat tersebut menggunakan jari-jari tangan.

Siter

Siter adalah alat musik tradisional dari Jawa Tengah yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya adalah dengan menggesek senar-senar pada alat tersebut menggunakan sejenis busur kecil.

Alat Musik Tiup

Suling

Suling adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya adalah dengan meniup bagian atas suling yang memiliki lubang-lubang berbeda sehingga menghasilkan bunyi yang berbeda pula.

Trompet

Trompet adalah alat musik tiup logam yang terdiri dari pipa yang melengkung dan corong di ujungnya. Cara memainkannya adalah dengan meniup udara melalui mulut dan mengatur nada dengan menekan tombol-tombol yang ada pada alat tersebut.

Alat Musik Pukul

Drum

Drum adalah alat musik pukul yang terdiri dari beberapa bagian seperti snare drum, bass drum, dan cymbal. Cara memainkannya adalah dengan memukul permukaan drum menggunakan stik atau tangan untuk menghasilkan bunyi yang berbeda-beda.

Gendang

Gendang adalah alat musik pukul yang terdiri dari dua buah membran yang ditarik pada kerangka. Cara memainkannya adalah dengan memukul kedua sisi membran tersebut menggunakan telapak tangan atau stik.

close