Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Bilangan Bulat Negatif Ganjil

Bilangan Bulat Negatif Kelas VI YouTube

Pengenalan

Bilangan bulat negatif ganjil adalah jenis bilangan bulat yang memiliki nilai negatif dan merupakan bilangan ganjil. Dalam matematika, bilangan bulat adalah bilangan yang tidak memiliki pecahan atau desimal. Bilangan bulat negatif ganjil merupakan bagian dari himpunan bilangan bulat.

Contoh Bilangan Bulat Negatif Ganjil

Beberapa contoh bilangan bulat negatif ganjil antara lain:

-1, -3, -5, -7, -9, -11, -13, dan seterusnya. Bilangan-bilangan ini memiliki nilai negatif dan merupakan bilangan ganjil karena tidak dapat dibagi dengan 2 dengan sisa 0.

Penulisan Bilangan Bulat Negatif Ganjil

Bilangan bulat negatif ganjil dapat dituliskan dengan menggunakan tanda negatif (-) diikuti dengan bilangan bulat ganjil. Misalnya, -3 merupakan penulisan bilangan bulat negatif ganjil.

Penjumlahan Bilangan Bulat Negatif Ganjil

Jika dua bilangan bulat negatif ganjil dijumlahkan, hasilnya akan menjadi bilangan bulat negatif ganjil. Misalnya, -3 + (-5) = -8. Dalam hal ini, -8 merupakan bilangan bulat negatif ganjil karena memiliki nilai negatif dan merupakan bilangan ganjil.

Operasi Matematika Lainnya

Bilangan bulat negatif ganjil juga dapat dilibatkan dalam operasi matematika lainnya seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hasil dari operasi tersebut tetap merupakan bilangan bulat negatif ganjil.

Pengurangan Bilangan Bulat Negatif Ganjil

Jika bilangan bulat negatif ganjil dikurangkan dengan bilangan bulat negatif ganjil lainnya, hasilnya akan menjadi bilangan bulat negatif ganjil. Misalnya, -5 - (-7) = -12. Dalam hal ini, -12 merupakan bilangan bulat negatif ganjil karena memiliki nilai negatif dan merupakan bilangan ganjil.

Perkalian Bilangan Bulat Negatif Ganjil

Jika bilangan bulat negatif ganjil dikalikan dengan bilangan bulat negatif ganjil lainnya, hasilnya akan menjadi bilangan bulat positif. Misalnya, -3 * (-5) = 15. Dalam hal ini, 15 merupakan bilangan bulat positif karena tidak memiliki nilai negatif dan merupakan bilangan ganjil.

Pembagian Bilangan Bulat Negatif Ganjil

Jika bilangan bulat negatif ganjil dibagi dengan bilangan bulat negatif ganjil lainnya, hasilnya akan menjadi bilangan bulat positif. Misalnya, -9 / (-3) = 3. Dalam hal ini, 3 merupakan bilangan bulat positif karena tidak memiliki nilai negatif dan merupakan bilangan ganjil.

Kesimpulan

Bilangan bulat negatif ganjil adalah jenis bilangan bulat yang memiliki nilai negatif dan merupakan bilangan ganjil. Penulisan bilangan bulat negatif ganjil menggunakan tanda negatif diikuti dengan bilangan ganjil. Hasil dari operasi matematika yang melibatkan bilangan bulat negatif ganjil tetap merupakan bilangan bulat negatif ganjil.

close